P. Raya

Peningkatan Produksi Beras Pera

PALANGKA RAYA - Peningkatan produksi padi di kawasan Food Estate merupakan tolok ukur peningkatan kuantitas luas panen dan produksi beras. Pada tahun 2024 ini, Menteri Pertanian RI Andi  Amran Sulaiman  telah mencanangkan program upaya khusus optimalisasi lahan rawa di Kalimantan Tengah untuk meningkatkan produksi padi di lahan potensial, termasuk lahan rawa di kawasan Food Estate.

Menindak lanjuti hal tersebut, Wakil Gubernur Kalteng dalam kunjungan kerjanya bersama jajaran Forkopimda Provinsi Kalteng menghadiri kegiatan Panen Raya Padi didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Sunarti , Senin (1/4/2024) di Desa Belanti Siam Blok A, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Provinsi Kalteng turut mendukung peningkatan produksi, kualitas dan daya saing produk beras medium menjadi beras premium, sebagai upaya mengantisipasi penyediaan cadangan pangan nasional. Dalam rangka mendukung program Food Estate dan mendukung ketahanan pangan nasional, maka berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, khususnya di kawasan sentra pengembangan padi seperti Desa Belanti Siam ini. Metode pertanian modern diterapkan mulai dari proses produksi, panen, pasca panen, pengolahan hingga produk siap dijual.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Kalteng Edy Pratowo mengatakan bahwa tidak hanya alsintan pra tanam dan pasca panen yang mempengaruhi peningkatan produksi beras, namun ketersediaan sarana produksi, sarana bangunan dan pengolahan yang memadai memiliki peran penting dalam penanganan dan pengendalian inflasi di Kalimantan Tengah. “Semoga seluruh bantuan bermanfaat bagi masyarakat Kalteng,” ucapnya.

Kegiatan di hadiri oleh, Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo,  kepala Dinas Holtikultura Sunarti, Pj. Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Farid Wajdi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Taufik Saleh, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Kalimantan Tengah Akhmad Hamdan, dan unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments