P. Raya

Penyusunan Arsitektur  Layanan Sudah Bisa Di Terapkan Pada Tahun 2024  (SPBE)

PALANGKA RAYA - Di Temui Dalam Kegiatan Asistensi dan Bimbingan Teknis Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana SPBE Pemerintah Provinsi, Kabupaten, dan Kota di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Senin (29/5/2023) Samy Pribadi Bakrie, mewakili Asdep SPBE Kemen PANRB mengatakan, kegiatan sosialisasi ini sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusi PSBE sebagai keterpaduan layanan digital di Indonesia.

Sistem Pemerintahan berbasis elektronik atau SPBE telah menjadi trend dalam transformasi digital Indonesia. SBPE merupakan sistem yang mempercepat kinerja dan efektivitas pelayana publik dengan menggunakan teknologi informasi. Pengembangan arsitektur SPBE sangat penting untuk menciptakan sistem yang terkoneksi, efektif dan efisien, serta terintegrasi dalam memberikan pelayanan Publik. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi pemantik untuk membangun sistem SPBE yang tetintegrasi.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalteng Agus Siswandi saat di wawancari, mengatakan penerapan SPBE yang tengah digulirkan pemerintah saat ini sudah sampai masuk tahap pendampingan penyusunan arsitektur, kemudian peta rencana, dan harus selesai akhir tahun 2023.

Agus menjelaskan peta rencana yang dimaksud adalah bagaimana rencana integrasi misalnya bagaimana integrasi antar SKPD sampai Kabupaten/ Kota secara teknis. Diungkapkan rencanaya pada tanggal 12 Juni 2023, mendatang akan di gelar Kick Off Integrasi.

“Pada tahun 2024, SPBE sudah harus diterapkan dimulai dari Provinsi Kalteng diikuti Kabupaten/Kota se Kateng,” pungkasnya.

(Era Suherti)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments