P. Raya

Peran Serta Ormas dan masyarakat Dalam menyambut Tahun Pemilu 2024

PALANGKA RAYA - Pembukaan  Dialog Pembinaan dan Peningkatan Peran Serta Keterlibatan Ormas Sebagai Mitra Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu Tahun 2024 dilaksanakan di Kantor Gubernur Provinsi Kalteng, Aula Eka Hapakat Lantai III, Selasa (19/9/2023).

Sambutan Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto Sabran yang diwakili Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin sekaligus membuka secara resmi kegiatan, dalam sambutannya mengatakan, bersama pemilu merupakan momen penting dalam demokrasi, yang akan menentukan pilihan rakyat dalam menentukan wakil wakilnya. Oleh karena itu partisipasi aktif dari setiap individu maupun kelompok dalam  masyarakat sangat penting dalam menjaga keberlanjutan demokrasi.

"Organisasi masyarakat memiliki peran dalam meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat serta menjaga, memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh sebab itu, bersama dengan ini mengajak organisasi masyarakat sebagai bagian dari mitra pemerintah untuk bersama sama melaksanakan sosialisasi pentingnya Pemilu dan mengajak setiap anggota masyarakat untuk turut serta dalam pemilihan Umum demi terwujudnya Pemilu yang aman, damai walaupun ,berbeda pandangan dan pilihan,” Ucap Nuryaki.

Lebih lanjut Nuryakin berharap agar setiap anggota organisasi kemasyarakat juga turut serta dalam mengawasi jalannya Pemilu secara jujur dan adil, yaitu menjadi saksi untuk mencermati setiap tahapan Pemilu atau Pilkada. Dengan demikian integritas Pemilu dan Pilkada akan selalu terjaga.

"Saya berharap, para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menambah wawasan dalam membangun kedewasaan berpolitik menuju Pemilu yang Langsung,Umum, Bebas dan Rahasia serta Jujur dan adil. Sehingga harkat dan bermartabat serta kewibawaan masyarakat Kalteng, akan terjaga dengan tetap berpedoman pada 4 Pilar Demokrasi yaitu, Pancasila UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI yang menjadi satu kesatuan ideologi bangsa,” imbuh Sekda.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan dialog ini bertujuan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah dan seluruh ormas se-Kalteng untuk mengawal pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang damai, sukses, dan berkualitas.

Kegiatan dihadiri oleh, Sekda Provinsi Kalteng H. Nuryakin, Kepala Badan Kesbangpol Katma F. Dirun, DPRD Komisi III Provinsi Kalteng Nafsiah,  Unsur Forkopimda, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Provinsi  Kalteng, Kepala Badan Intelijen Provinsi Kalteng, Perwakilan Danrem 102/Pjg,  seluruh pengurus Parpol dan Ormas se-Kalteng, serta perwakilan dari KPU dan Bawaslu Kalteng. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments