P. Pisau

Perangkat Daerah Diminta Perhatikan Realisasi Pembangunan

PULANG PISAU - Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang menegaskan, dalam rakordal pelaksanaan pembangunan Kabupaten Pulang Pisau triwulan IV tahun anggaran 2021 pihaknya akan memastikan bahwa pelaksanaan anggaran berjalan sesuai dengan capaian tolok ukur dan target kinerja yang telah ditetapkan.

Selain itu, kata dia, juga untuk mengindetifikasi serta menganalisis permasalahan yang timbul atau yang mungkin timbul untuk dapat diambil tindakan pencegahan dan antisipasi.  

“Kita menyadari, bahwa tahun 2021 kita mengalami keterlambatan proses realisasi yang disebabkan beberapa faktor,” kata Taty saat rakordal, Selasa (11/1).

Di antaranya, penatausahaan keuangan, adanya refocusing transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) 2021 untuk penanganan Covid-19 yang mengamanahkan pemerintah daerah perlu melakukan realokasi beberapa kegiatan prioritas.

Saat itu bupati meminta kepada seluruh perangkat daerah memperhatikan beberapa hal. Di antaranya, realisasi keuangan pelaksanaan rencana pembangunan sampai dengan triwulan IV per 31 Desember 2021 sebesar Rp911.840.322.816 atau sebesar 90,05 persen.

“Capaian tersebut melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah daerah pada tahun 2021. Yaitu sebesar 85 persen,” ujar Taty.

Selain realisasi keuangan, tegas Taty, yang paling penting adalah realisasi atau capaian indokator kinerja daerah. Menurut bupati, itu merupakan alat untuk mengetahui dampak dari pembangunan daerah yang telah dilaksanakan.

“Dengan tujuan dapat memberikan gambaran tentang pencapaian visi misi kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2018-2023. Sekali lagi saya sangat berharap kerja sama dari perangkat daerah untuk dapat fokus dalam pencapaian indikator kinerja yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Taty menambahkan, menyambut tahun 2022, pemerintah daerah telah menetapkan APBD tahun 2022. “Persiapan anggaran telah kita laksanakan dengan baik, ini merupakan awal baik. Pelaksanaan anggaran yang baik adalah pelaksanaan yang tepat waktu, efektif dan efisien,” tegas Taty.

Bupati juga berpesan, agar kejadian di awal tahun 2021 tidak terulang. Untuk itu dia mengharapkan setiap perangkat daerah fokus melaksanakan tugas pokok fungsi masing-masing perangkat daerah.

“Saya mengajak kita semua untuk bersinergi dan saling membantu untuk membangun Kabupaten Pulang Pisau,” ajaknya.

Bupati juga mengajak jajarannya untuk melanjutkan pembangunan pada tahun 2022 dengan penuh semangat untuk mewujudkan tema pembangunan yang telah ditetapkan tahun 2022.

“Yaitu peningkatan pemasaran yang berdaya saing dan selaras dengan kehidupan sosial serta budaya masyarakat. Saya mengajak masyarakat bersama pemerintah daerah untuk tetap semangat bekerja keras dan ikhlas demi mewujudkan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera,” tandasnya.

(Tirto Pramono)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments