Barsel

Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Barsel Kunker ke Kabupaten Gumas

BUNTOK - Dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel) melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah, Kamis (2/2/2023).

Kedatangan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Barsel disambut oleh Wakil Bupati (Wabup) Gumas Efrensia L.P Umbing selaku Ketua Gugus Tugas TPPS didampingi Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Lurand di Ruang Rapat lantai I Kantor Bupati Gumas.

Asisten I Setda Barsel Yoga P Utomo menyampaikan, maksud dan tujuan kedatangan TPPS Kabupaten Barsel adalah untuk melakukan studi banding mengenai penanganan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Gumas.

"Kami ingin mencari kiat-kiat dengan Pemkab Gumas mengenai Survei Status Gizi (SSG) yang telah dilakukan oleh Pemkab setempat dari 35,9 persen bisa menjadi 17,6 persen, ini yang ingin kami gali dan pelajari," ujarnya.

Sebab, lanjutnya, masalah stunting merupakan masalah bangsa yang serius karena menyangkut pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) generasi bangsa mendatang.

"Perlunya kebersamaan dari semua pihak agar masalah stunting dapat kita atasi, sehingga mutu generasi penerus bangsa ini terwujud dalam misi untuk melahirkan generasi emas pada tahun 2045 nanti," terang pria yang akrab disapa Yoga ini.

Yoga menambahkan, target percepatan penurunan stunting di tahun 2024 dan target perubahan status Indonesia dari negara berkembang menjadi negara maju di 100 tahun Indonesia merdeka pada tahun 2045 terus digencarkan.

"Untuk menjadi negara maju, Indonesia harus memenuhi tiga indeks diantaranya kelangsungan hidup survival, pendidikan, dan kesehatan. Ketiga indeks tersebut menjadi penopang tingkat prodiktivitas pekerja di masa mendatang," kata Yoga P Utomo.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments