Barsel

Musrenbangdes di Desa Hulu Tampang Hasilkan Enam Program Prioritas

BUNTOK – Bertempat di Desa Hulu Tampang, Kecamtan Dusun Utara (Dusut), Rabu (8/2/2023) lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2023 yang menghasilkan enam program kegiatan prioritas yang diusulkan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dari hasil Musyawarah Desa (Musdes) bersama Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan seluruh masyarakat desa.

Adapun enam program tersebut yaitu, peningkatan jalan penghubung antar Desa, pemasangan jaringan listrik, rehab gedung sekolah, rehab rumah dinas guru, rehab balai adat/rumah ibadah dan pembukaan jalan lingkungan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Sesuai dengan UU Desa pasal 54, Musdes wajib diselenggarakan oleh BPD untuk mendiskusikan dan memutuskan hal-hal strategis dalam pembangunan desa, yaitu menetapkan prioritas belanja desa berdasarkan kebutuhan masyarakat dan pertanggungjawaban pelaksanaan pembangunan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Barsel Eddy Purwanto, menyampaikan, bahwa Musrenbangdes mampu menghasilkan kesepakatan dan kesepahaman terkait program-program kegiatan strategis untuk kepentingan dan kemajuan desanya.

"Maka dari itu kita melaksanakan kegiatan ini dalam rangka memfasilitasi dan sinkronisasi program-program kerja pemeritah, baik tingkat desa, kecamaatan hingga kabupaten," ujarnya.

Sekda menambahkan, Musrenbangdes merupakan kegiatan musyawarah tahunan yang diadakan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembagunan Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan Pemdes dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.

"Dalam setiap usulan kita akan mengutamakan yang lebih prioritas, dan akan didiskusikan kembali pada Musrenbang baik ditingkat Kecamatan hingga tingkat Kabupaten," kata Eddy Purwanto.

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments