P. Raya

Peringati Hari Kelahiran Kartini Pejuang Emansipasi Perempuan Indonesia

PALANGKA RAYA - Gelar Seni Budaya Kartini Kalteng Gaya Jaya Berdaya Tahun 2023. Gelar di selengga-rakan di UPT Taman budaya , jalan Temanggung Tilung XIII Palangka Raya Provinsi Kalteng, Selasa (11/4/2023).

Peringatan hari lahirnya R.A.Kartini  setiap tanggal 21 April setiap tahunnya sebagai bentuk penghargaan atas upaya RA Kartini memperjuangkan Emansipasi kaum perempuan di seluruh Indonesia.

Yuas Elko Stah Ahli Bidang Ekomoni Keuangan dan pembangunan,  yang mewakili setda Provinsi kalteng Nuryakin, secara resmi membuka "Gelar Seni Budaya Kalteng" ditandai Penabuhan Rebana oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng. yang dipusatkan di panggung theater terbuka Taman Budaya di Kalteng.

Dalam sambutannya Yuas Elko menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kalteng mengapresiasi setinggi tingginya atas terlaksananya acara ini yang merupakan perwujudan cipta dari karya para seniman leluhur terdahulu dilandasi nilai nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila dan Berbhineka Tinggal Ika serta wawasan Nusantara.  

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Disbudpar Provinsi Kalteng melalui UPT Taman Budaya Kalteng dalam Rangka memperingati hari lahirnya pejuang kaum perempuan R. A Kartini  Diharapkan adanya kegiatan ini menjadi motivasi bagi generasi penerus bangsa, khususnya kaum perempuan andil mewujudkan "Kalteng Berakhlak dan Penuh Berkah.

Selanjutnya Ketua TP PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran dalam sambutannya yang diwakili oelh Kadisbudpar Provinsi Kalteng Adiah Chandra Sari menyampaikan bahwa gelar seni budaya ini, kiranya dapat memupuk silahturahmi dan memupuk rasa kebersamaan diantara para pelaku seni budaya dan bersinergi bersama sama dalam memajukan seni budaya di Kalteng,  dalam upaya melestarikan dan sekaligus mem-promosikan seni dan budaya, sehingga bisa menarik wisatawan.

Sementara Kepala UPT Taman Budaya Provinsi Kalteng Wildae Desyanthy Binti dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuanan kegiatan ini dalam rangka melestarikan dan mencintai seni dan budaya yang dimiliki Kalteng, serta memperingati lahirnya pejuang emansipasi perempuan yaitu Raden Ajeng Kartini,  tanggal 21 April 1879 di Jepara yang mengusung tema "Kartini Kalteng Gaya, Jaya,  Berdaya".

Gelar seni budaya ini di ikuti tujuh penampilan sanggar, parade kartini cilik dan Terakhir Talkshow Putri Kalteng For Indonesia. Hadir dalam acara seni dan budaya DP3AKB Provinsi Kalteng Linae Victoria Aden, Unsur Forkompinda Provinsi Kalteng, Mewakili Kdisbudpar Kabupaten/Kota Se-Kalteng, Peimpinan/Pengurus Sanggar seni dan Paguyuban Se Kalteng.

(Era Suherti)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments