P. Raya

Persiapan Kalteng Menyambut IKN

PALANGKA RAYA  - Dalam rangka menyambut Ibu Kota Negara baru (IKN) yang telah dirancang presiden Joko Widodo pada 2024 mendatang di Panajam Paser Utara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. menyiapkan beberapa program  pontensi dan sumberdaya manusia.

Berdasarakan intruksi gubernu Kalteng Sugianto Sabran, pemerintah provinsi Kalimantan Tengah melalui progran-program yang telah direncanakan, agar mempersiapkan segala pontensi dan suberdaya dalam menyambut IKN mendatang.

Hal senada juga di sampaikan wakil gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo saat berada di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kalteng, Selasa 22 Februari 2022, yang mengatakan, Kalimantan Tengah merupakan Provinsi yang luasnya satu setengah kali Pulau Jawa dan merupakan Provinsi terluas kedua di Indonesia setelah Papua, sehingga untuk menyambut IKN salah satunya dengan menyiapkan kawasan industri yang akan dijadikan sebagai raw model untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Wakil gubernur juga menjelasakan untuk kawasan industri nantinya akan di bagi menjadi 3 zona, yaitu zona barat itu meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Seruyan. Untuk zona tengah Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kapuas. Sedangkan untuk zona timur yaitu daerah Barito.

Edy juga megaskan, selain menyiapkan kawasan industri, Kalteng juga akan mempersiapkan Sumber Daya Manusia bekerjasama dengan tim ahli daru Universitas Gadjah Mada (UGM), yang nanti mereka akan mengkaji seluruh kepentingan Kalteng dalam menyambut IKN.

(Fardoari Reketno)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments