P. Raya

Persiapan Vihara Nagarjuna Jelang Perayaan Waisak 2565 BE.

PALANGKA RAYA - Wihara Nagarjuna selasa (25/5/21) pukul 19.00 jalan Alson 3, melakukan persiapan menyambut rangkaian Hari Raya Waisak 2565 BE. Hari suci bagi pemeluk agama Buddha pada 26 Mei 2021 yang akan berlangsung esok hari. Tahun ini, Hari Raya Waisak 2565 BE tahun 2021 memiliki tema “Bangkit Bersatu untuk Indonesia Maju". Dalam perayaan Waisak, umat Buddha bersama para biksu biasanya berkumpul untuk merayakan 3 peristiwa penting dalam ajaran agama Buddha.

Ketiga peristiwa penting itu ialah kelahiran Sidharta Gautama, Sang Buddha mencapai penerangan sempurna, dan mangkatnya Sang Buddha Gautama. Di kalangan umat Buddha, Hari Raya Waisak sering disebut juga dengan Tri Suci Waisak.  Hari waisak ini juga dimanfaatkan oleh umat Buddha untuk menghormati dan merenungkan segala sifat luhur dari Tiratana yaitu buddha, dharma, dan sangha.

Kemudian memperkuat saddha atau keyakinan yang benar berdasarkan tekad, membina paramita atau sifat baik yang berasal dari para leluhur, mengulang kembali dan merenungkan khotbah dari sang Buddh. "Tiga upacara pokok dilakukan pula pradaksina, pawai, serta acara kesenian. Namun, karena pandemi Covid-19, ritual-ritual tersebut cenderung dilakukan di rumah masing-masing atau tempat ibadah dengan mengikuti protokol kesehatan." tutur duta sutra.

 

(DEDDI)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments