Barut

Petani Di Teweh Selatan Ikuti Pelatihan Sejuta Petani Dan Penyuluh Di BPP Desa Trahean

MUARA TEWEH - Hadiri pelatihan sejuta petani dan penyuluh secara serentak di seluruh indonesia. Petani dari beberapa desa di teweh selatan berkumpul di balai penyuluhan pertanian di desa trahean, pelatihan tersebut mengangkat tema adaptasi dan mitigasi pertanian terhadap perubahan iklim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut. Kepala Dinas Pertanian Syahmiludin A Surapati, babinsa dari masing-masing desa/kepala balai penyuluh pertanian kecamatan teweh selatan, ketua kelompok tani dari sejumlah desa di kecamatan teweh selatan.

Bukan hanya dilaksanakan pelatihan dan edukasi terkait upaya beradaptasi dan melakukan pencegahan terhadap perubahan iklim dan cuaca, kegiatan tersebut juga diisi dengan tanya jawab dari petani bersama dengan dinas pertanian maupun pihak terkait. Pada akhir acara diisi dengan pemberian doorprice dan hadiah.

Agus S, Babinsa Teweh Selatan menyampaikan, dengan adanya pendampingan dari babinsa yang turun ke lapangan bersama masyarakat kelompok tani yang berada di desa-desa dapat maju dan lancar, kami dari pihak babinsa siap untuk melakukan pendampingan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara Syahmiludin A Surapati,  menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah sebagai counter teknologi dan  informasi dari progam-progam pertanian di tanah air. Secara khusus pihaknya dari sangat mendukung kegiatan ini. Peningkatan sdm menjadi salah satu fokus kegiatan ini agar kedepannya mereka dapat siap dalam menghadapi perubahan.

Irin salah satu petani yang juga penyuluh menyampaikan terkadang masyarakat melaporkan terkait hama dan penyakit setelah itu pihaknya melapor ke koordinator BPP. Ia berharap di masa covid ini petani jangan sampai patah semangat.

(Anang Fauzi/ Mardedi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments