Barut

Pj. Sekretaris Daerah Resmi Buka Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan 2024

MUARA TEWEH - Pj. Sekretaris Daerah Drs. Jufriansyah, MAP secara resmi membuka kegiatan Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan (FBIMBT) tahun 2024 yang bertempat di Bandara Lama atau Ex Bandara Beringin Muara Teweh.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang termasuk dalam rangkaian peringatan HUT Kabupaten Barito Utara yang ke-74. Kegiatan ini dihadiri Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Unsur FKPD, Kepala Perangkat Daerah dan Undangan terkait lainnya, Jumat (26/7/2024).

Pembukaan Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ini ditandai dengan pemukulan katambung atau gendang oleh Pj. Sekda dan jajaran unsur FKPD. Kemudian penampilan parade dari Kontingen 9 Kecamatan di Barito Utara.

Pameran Batara Expo 2024 diadakan selama 10 hari yaitu dari 26 Juli hingga 4 Agustus 2024 dan diikuti oleh seluruh SOPD, 9 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara, Selain itu turur serta juga perusahaan BUMN/BUMD, Para Pelaku Usaha UMKM dan terdapat juga wahana hiburan Pasar Malam. Sedangkan FBIMBT akan diisi oleh berbagai macam lomba kesenian daerah dan akan dilaksanakan penutupan festival pada 29 Juli 2024 mendatang. 

Pj. Sekretaris Daerah Drs. Jufriansyah, M.AP menyampaikan dengan melalui kegiatan Batara Expo dan Festival Budaya Iya Mulik Bengkang Turan ini semoga dapat memberikan dorongan dan kesempatan untuk mengintegrasikan promosi dan informasi produk unggulan UMKM dari Kabupaten Barito Utara dan memamerkan hasil pembangunan diberbagai sektor yang telah dicapai serta dapat menjadi sebuah ajang promosi pariwisata daerah dan event untuk menggali, menjaga dan melestarikan seni budaya tradisional yang kita miliki.

Menurut Jufriansyah,Kabupaten Barito Utara memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, bahasa dan budaya daerah. Kekayaan khasanah seni budaya tradisional tersebut hendaknya dapat menjadi suatu kebanggaan dan potensi yang mendukung didalam pembentukan etika, budaya dan moral masyarakat. Oleh sebab itu akan memupuk sikap nasionalisme yang dilandasi semangat Bhineka  Tunggal Ika dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tercinta.

Jufriansyah juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hadir dan para pelaku UMKM yang turut memeriahkan kegiatan Batara Expo agar menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan sehingga suasana dilokasi kegiatan tetap rapi, indah dan nyaman sampai dengan akhir kegiatan Batara Expo dan Budaya Iya Mulik Bengkang Turan. Diakhir kegiatan Pj. Sekda beserta jajaran berkesempatan untuk mengunjungi masing-masing stand pameran yang ada Batara Expo 2024.

(Syarbani)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments