Kapuas

Polres Kapuas Revitalisasi Gereja Gke Imanuel Mandomai

KAPUAS - Jajaran polres Kapuas polda Kalimantan Tengah, menggelar aksi revitalisasi tempat ibadah di kabupaten kapuas, salah satunya di gereja gke imanuel mandomai kecamatan kapuas barat. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun bhayangkara ke 77 tahun 2023.

Gereja imanuel gke mandomai ini, merupakan Gereja Tertua di bumi Kalimantan. Gereja yang sudah berusia 147 tahun ini, memiliki konstruksi yang unik, dan menyimpan berbagai benda warisan kekristenan sejak prakemerdekaan, menjadikan gereja tersebut masuk dalam warisan atau situs budaya nasional pada kategori rumah ibadah. 

Polres kapuas, menjadi salah satu bagian yang menaruh perhatian besar terhadap keberadaan situs budaya ini. Dalam rangkaian menyambut hari ulang bhayangkara ke 77 tahun 2023, polres kapuas melaksanakan program revitalisasi Gereja GKE iImanuel Mandomai tersebut. Revitalisasi yang dilakukan berupa pembersihan bangunan gereja dan lingkungan,  serta pengecetan pagar depan gereja.

Ketua Resort Gereja Gke Imanuel Mandomai, Pendeta Mambo Gusti Gunawan mengatakan, pihaknya mengucap syukur dan berterima kasih, atas bantuan dan partisipasi dalam bentuk program polri revitalisasi cagar budaya religi berupa bakti sosial untuk gke mandomai ini.

Sementara itu, Kapolres Kapuas Ajun Komisaris Besar Polisi, Kurniawan Hartono mengatakan, revitalisasi Gereja GKE iImanuel Mandomai ini, dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan polri, yang juga memiliki tanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian, dan kenyamanan tempat wisata religi. 

Kapolres kapuas berharap, adanya revitalisasi ini, akan menjadikan situs warisan nasional tersebut, semakin terawat dan semakin dikenal di tingkat nasional. Juga dengan kegiatan ini, akan lebih mendekatkan lagi, jalinan silaturahmi dan komunikasi polri dengan masyarakat.

 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments