P. Raya

Potensi Buah Tropis Bisa Jadi Primadona Ekonomi

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) yang membidangi Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA), Jainudin Karim menilai, varietas buah-buahan yang tumbuh diiklim tropis di Bumi Tambun Bungai memiliki nilai ekonomis tinggi, apabila dikelola dan dikembangkan secara maksimal oleh pemerintah daerah.

Menurutnya, sejumlah wilayah di Indoensia, saat ini tengah berlomba-lomba dalam mengembangkan varietas buah-buahan maupun tanaman holtikultura. Dimana hal tersebut merupakan upaya memajukan ekonomi berkelanjutan. Sehingga Kalteng sebagai salah satu Provinsi yang memiliki kekayaan alam melimpah, harus turut serta dalam pengembangan varietas buah dan tanaman holtikultura.

“Kita bisa melihat bagaimana Kalimantan Selatan (Kalsel) dianggap lebih maju dibidang pengembangan bibit buah dan tanaman holtikultura varietas unggul. Padahal dari segi geografis wilayah dan iklim, Kalteng dan Kalsel tidak memiliki perbedaan. Disinilah kita harus optimis bahwa Kalteng juga mampu mengembangkan buah tropis varietas unggul,” ucap Jainudin, saat dibincangi disela kunjungan ke Unit Pelayanan Teknis Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (UPT-BPSBTPH) Kalsel, Kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini juga mengatakan, banyak buah-buahan tropis di Kalteng yang berpotensi menjadi ekonomi berkelanjutan. Diantaranya, Durian, Rambutan dan jenis Mangga-manggaan.

“Ditempat kita, iklim dan tanahnya sangat cocok ditanami buah-buahan varietas unggul. Contohnya Durian Musang King, Durian Montong dan Durian Otak Udang yang terkenal memiliki rasa manis dan daging yang tebal dibandingkan Durian lainnya. Kemudian bisa juga dikembangkan Rambutan Antalagi, Rambutan Garuda, serta Mangga jenis Kuini, Kasturi hingga Mangga Mahatir yang berukuran sangat besar,” ujarnya.

Melihat peluang ekonomi yang mampu dihasilkan dari buah-buahan tersebut, ia berharap agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Kabupaten, bisa bersinergi dalam mengembangkan buah tropis Kalteng varietas unggul. Sehingga mampu menjadi daya tarik tersendiri dan memberikan keuntungan bagi daerah serta masyarakat.

“Peluang ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin. Apalagi nilai ekonomi yang dihasilkan akan sangat menguntungkan tidak hanya bagi petani, tetapi bagi pemerintah dari segi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui perekonomian,” pungkas politisi dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.


(Infodprdkalteng/Mela)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments