Kotim

Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Daerah Terpencil

Sampit - Anggota DPRD Kotawaringin Timur (Kotim), Hendra Sia meminta pemerintah daerah maupun provinsi memprioritaskan pembangunan infrastruktur di daerah terpencil.  Menurutnya, sudah saatnya pedalaman diperhatikan dan diprioritaskan, terutama untuk pembangunan infrstruktur jalan, jembatan yang baik. 

"Meskipun di sana ada dua jalan berbeda status yakni di bawah pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, kami berharap antara Pemkab dan Pemprov bisa bersinergi untuk membuka ketertinggalan akses jalan di pelosok,” kata Hendra, Kamis, 9 Juni 2022.

Masih menurutnya, ketika jalan itu mengalami kerusakan, maka sejak saat itu juga aktivitas ekonomi di hulu akan terganggu total. Anggota dewan dari daerah pemilihan (dapil) 5 meliputi Kecamatan Parenggean, Bukit Santuai, Telaga Antang, Tualan Hulu, Antang Kalang dan Mentaya Hulu ini menyebutkan, peran jalan di pelosok sangatlah besar.

“Saya harapkan, kalau kita mau ekonomi ini terus berputar, maka salah satu indikator utama di pedalaman itu adalah jalan," ucapnya.

Ketika jalan bagus dan tidak bermasalah, lanjut dia, maka ekonomi akan berjalan dan bertumbuh dengan baik. Sebaliknya, ketika jalan rusak, maka segala aktivitas ekonomi juga terhambat.

Ia mengakui, kerusakan jalan di pelosok itu karena kurangnya kesadaran pemilik usaha angkutan. Pasalnya, di sana banyak terdapat angkutan truk melebihi kemampuan jalan untuk melintas. Alhasil, jalan yang hanya timbunan agregat  dan aspal dengan kelas III ini tidak akan mampu bertahan lama.

(Hendra)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments