Kalteng

Pulpis Menuju New Normal, Penjagaan Poslap Mulai Kendor

PULANG PISAU -  Memasuki masa transisi tatanan kehidupan baru atau New Normal, penjagaan di pos lapangan (Poslap) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mulai kendor. Hal itu juga sebabkan kejenuhan petugas yang berjaga 24 jam.

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo didampingi unsur Forkopimda, Jumat (3/7/2020), mengunjungi dua Poslap perbatasan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), di Desa Mintin dan Gohong. Kunjungan itu dalam rangka mengevaluasi masa transisi New Normal di wilayah kabupaten setempat.

Poslap Mintin dan Gohong merupakan pos perbatasan antara Kabupaten Kapuas-Pulang Pisau dan Palangka Raya-Pulang Pisau.
Kunjungan Edy sekaligus menyemangati petugas lapangan yang menjaga perbatasan.

“Kunjungan itu untuk memberikan semangat agar petugas tetap mendedikasikan diri dalam melaksanakan tugas, karena ini merupakan kerja sama seluruh lini,” kata Bupati Edy Pratowo kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Edy juga meminta petugas agar ekstra dalam melakukan skrining bagi masyarakat yang melewati perbatasan, guna menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Pulang Pisau.

“Kita berharap penjagaan tetap terus dilakukan karena masih memungkinkan terjadi lonjakan kasus Covid-19 memasuki era New Normal ini, sebab wilayah kita ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kapuas dan Palangka Raya,” ucap Edy.

Kendati demikian, Edy menyadari beratnya tugas para petugas di perbatasan. Di masa transisi New Normal ini, Bupati mengaku mendapat masukan agar penjagaan Poslap dilonggarkan dan tidak lagi dijaga selama 24 jam penuh.

“Karena grafik terlihat menurun, kemungkinan jam penjagaan kita kurangi, misalnya dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam atau 12 jam sehari, selama 2 minggu ke depan. Kita memahami kondisi di lapangan, penjagaan di perbatasan ini dilakukan siang dan malam yang cukup melelahkan, apalagi berhadapan langsung dengan obyek yang terpapar. Ini sangat berisiko,” tutup Bupati.

(NTA)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments