P. Raya

Purman Jaya Mendorong Program Penanganan Banjir Jangka Panjang

PALANGKA RAYA - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Purman Jaya mendorong adanya program penanganan banjir jangka panjang yang dicanangkan oleh pemda di provinsi ini. Menurutnya, program penanganan jangka panjang perlu dan penting agar bencana banjir khususnya di wilayah Kalteng dapat diminimalisir, sebab dalam waktu beberapa tahun belakangan bencana ini kerap terjadi.

"Harus ada upaya pantauan apa penyebab banjir yang hampir setiap tahun terjadi di Kalteng, selain faktor hujan pasti ada faktor lainnya, ini yang harus bisa diperhatikan oleh pemda," ucapnya, Selasa, 30 Januari 2024.

Ia menuturkan, apabila banjir itu salah satunya diakibatkan kurangnya wilayah resapan air maka program reklamasi atau reboisasi perlu digencarkan, sehingga tidak ada lagi hutan atau lahan gundul di setiap daerah.

Begitu juga jika diakibatkan pendangkalan sungai, maka sungai-sungai yang mengalami pendangkalan itu perlu dikeruk agar sungai bisa kembali mampu menampung debit air ketika itensitas hujan sesang tinggi.

Di sisi lain, program lainnya juga perlu dipikirkan baik itu membangun sebuah bendungan atau semacamnya serta hal lain yang dapat meminimalisir terjadinya banjir, sebab bencana ini jika terus terjadi akan dapat merugikan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments