Katingan

Puspa Gelar Seminar Terkait Penggunaan Sosial Media

KATINGAN – Untuk mencegah terjadinya tindak pidana dalam penggunaan Sosial Media (Sosmed) Forum Komunikasi Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) Kabupaten Katingan melakukan seminar yang mendatangkan salah satu Advokad dari Palangkaraya, Kartika Candrasari. 

Winda Natalia, Ketua Puspa Kabupaten Katingan, melalui sambutannya yang dibacakan Wakil Ketua Ahmad Efendi mengatakan, Perkembangan teknologi di era digital ini, telah memperluas kecenderungan dalam penggunaan Media Elektronik  pada berbagai sektor kehidupan. Namun jika tidak dipahami secara saksama, daoat ditindak secara pidana apabila informasi yang disebarkan  mengandung konten Pornografi, berita bohong, penistaan atau pencemaran nama baik.

“Media Elektronik atau sosial media saat ini menjadi salah satu aktivitas yang digunakan masyarakat pada umumnya, namun kalau tidak berhati-hati, saat menyebarkan informasi, akibatnya dapat di pidana berdasarkan Indang-undang ITE,” Ungkap Ahmad Efendi, Senin (19/9/2022).

Diakui Efendi, dengan adanya Media Elektronik atau Sosmed, berbagai kemudahan dalam penyebaran informasi begitu mudah dan cepat, sehingga hal ini dimanfaatkan masyarakat untuk berbagai kepentingan.

“Kalau digunakan dengan baik, tentu, manfaatnya sangat luar biasa, tapi kalau salah, akibatnya bisa berurusan dengan hukum,” Tuturnya.
Lebih lanjut, dikatakan Ahmad, guna mengantisipasi terjadinya tindak pidana melalui media elektronik atau Sosmed, Puspa menganggap penting untuk melakukan seminar terkait penanganan dan pencegahan tindak pidana melalui media elektronik.

“Giat ini tentu sanggatlah penting, karena dalam seminar akan dibicarakan tentang penggunaan media elektronik yang tepat serta mengenal tindak pidana terkait media elektronik,” Tandasnya. 

(Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments