P. Raya

Qris Solusi Untuk Mempermudah Transaksi Non-Tunai Dan Cegah Tindak Kejahatan

PALANGKA RAYA - Hal tersebut disampaikan oleh Yuas Elko, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Ekonomi, Keuangan, dan pembangunan, terkait keraguan masyarakat terhadap penggunaan uang digital saat melepas ekspedisi rupiah susur sungai di Kalimantan Tengah. Selasa (9/5/2023) di dermaga flamboyan bawah Palangka Raya.

Menurutnya, masyarakat perlu diberikan edukasi mengenai teknologi penggunaan uang digital agar dapat memahami dan menggunakannya dengan baik. Namun, ia menyadari bahwa bagi sebagian masyarakat yang lebih memahami penggunaan uang fisik, tetap akan menggunakan uang tersebut, namun, hal tersebut tidak mengurangi nilai rupiah yang penting ada uang tersebut.

Yuas Elko menambahkan bahwa bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), penggunaan uang digital dapat menjadi solusi untuk mempermudah transaksi dan meminimalkan tindak kejahatan seperti uang palsu atau perampokan.

Yuas Elko menekankan bahwa penggunaan uang digital bukanlah suatu hal yang harus ditakuti, namun perlu dipahami dan diterapkan dengan baik untuk memajukan perekonomian Indonesia. 

Qris merupakan standar Kode Qr yang dibuat oleh bank indonesia untuk memudahkan transaksi non-tunai dengan menggunakan Qr Code. Qris memungkinkan pengguna uang digital untuk melakukan transaksi non-tunai dengan mudah dan cepat hanya dengan menggunakan smartphone dan aplikasi dompet digital.

Qris memiliki banyak kelebihan, seperti meminimalkan risiko penyebaran virus melalui uang tunai dan meningkatkan efisiensi transaksi dan keamanan. Saat ini, Qris sudah banyak digunakan oleh para pedagang dan semakin memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi non-tunai dengan aman dan mudah.

 

(Harry)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments