P. Raya

Rapat Pembagian Bendera Merah Putih Dalam Rangka Hari ulang Tahun  Kemerdekaan RI Ke-79

PALANGKA RAYA - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalteng Katma F. Dirun  mewakili Sekda Provinsi Kalteng pimpin Rapat Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024, bertempat di Aula Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng, Selasa (16/7/2024).

Rapat diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan RI Tahun 2024, dimana perlu terus dilaksanakan kegiatan yang menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia dan menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/2152/SJ tanggal 8 Mei 2024 Hal Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 serta Surat Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.10.1.1/e-309/Polpum tanggal 4 Juni 2024 Hal Undangan Kegiatan Pencanangan Awal Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024. 

Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalteng Katma F. Dirun dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesadaran masyarakat masih rendah dan belum maksimal untuk mengibarkan bendera merah putih, bahkan di Kantor-kantor Pemerintah sekalipun.

“Pemerintah Provinsi Kalteng akan membuat Surat Edaran untuk Wali Kota dan Bupati se-Kalimantan Tengah agar membuat edaran yang menginstruksikan semua toko-toko, kantor-kantor swasta mengibarkan bendera merah putih, juga warung-warung. Selain itu, perlu dibagikan juga bendera dari kertas untuk para pedagang keliling, gerobak, dan kios-kios,"tutur Katma.

Katma mengharapkan dengan gerakan pembagian bendera merah putih tersebut akan menimbulkan semangat berbangsa dan bernegara serta menghargai perjuangan para pejuang kemerdekaan.

Selanjutnya Katma menyampaikan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng akan dilaksanakan di Bundaran Besar dan Kawasan Car Free Day Palangka Raya yang dipimpin oleh Gubernur Kalimantan Tengah didampingi Pj. Wali Kota Palangka Raya beserta unsur Forkopimda dan Perangkat Daerah Provinsi Kalteng serta Kota Palangka Raya. Sebelum pembagian bendera merah putih, akan didahului dengan Senam Pagi Bersama.

Katma juga mengharapkan agar semua Perangkat Daerah pada awal Agustus nanti dapat menyediakan dan membagikan bendera merah putih kepada masyarakat sekitarnya. 

“Dengan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih ini, diharapkan akan mengobarkan semangat cinta Tanah Air pada masyarakat kita,” pungkasnya.

Rapat selanjutnya dipandu oleh Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Uria NamyunLudjen untuk membahas kesiapan semua Perangkat Daerah terkait baik lingkup Provinsi maupun Kota Palangka Raya.

“Rapat hari ini akan ditindaklanjuti dengan rapat finalisasi pada hari Selasa tanggal 23 Juli 2023 di tempat yang sama, dan diharapkan kehadiran Bapak/Ibu semua Perangkat Daerah Provinsi dan Kota Palangka Raya,” jelas Uria.

Kegiatan dihadiri oleh Perangkat Daerah lingkup Provinsi Kalteng, dan Perwakilan Pemerintah Kota Palangka Raya (Kepala Badan Kesbangpol) serta undangan lainnya. 


 

(Era Suhertini)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments