P. Pisau

Realisasi Vaksin Pelajar Pulpis Baru 12,67 Persen

PULANG PISAU – Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau (Pemkab Pulpis) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menargetkan realisasi 100 persen vaksinasi Pelajar atau remaja usia 12-17 tahun di Kabupaten Pulang Pisau.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan drg Sopiah melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Pande Putu Gina, saat dibincangi rekan media belum lama ini.

“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau menargetkan capaian Vaksinasi khusus remaja usia 12-17 tahun, 100 persen,” ucap drg Sopiah.

Pihaknya mengatakan, jumlah sasaran vaksinasi remaja di Pulang Pisau yakni sebesar 13.607.

Saat ini, lanjutnya, vaksinasi dosis pertama untuk kalangan remaja masih berkisar pada angka 12, 67 persen. Sedangkan dosis ke 2 hanya 0,23 persen.

“Namun kita optimis target akan tercapai seiring berjalannya waktu dan masifnya program vaksinasi di kecamatan-kecamatan dan ketersediaan vaksin yang didistribusi dari pusat,” katanya.

Ia juga menjelaskan dari segmen remaja itu, dan dari target vaksinasi remaja atau pelajar ini yang diprioritaskan adalah pelajar setingkat SLTA.

Secara keseluruhan, Kabupaten Pulang Pisau menargetkan 70-80 persen masyarakat Pulpis tervaksinasi dengan jumlah total 101.782/134.949

“Berarti kalau kita bisa mencapai 100 Persen target yaitu 101.782 berarti  herd immunity kita tercapai yaitu 75 persen dari jumlah penduduk tervaksinasi. Sebab jika ingin mencapai herd immunity minimal yang tervaksin sekitar 70 persen dari jumlah penduduk yang ada,” jelasnya.

Ia juga mengakui, keterbatasan vaksin yang tersedia menjadi salah satu kendala percepatan vaksinasi di Kabupaten Pulang Pisau.

“Saat ini ketersediaan vaksin di Pulang Pisau tergantung distribusi dari pusat, oleh sebab itu kegiatan vaksinasi ini dilakukan sesuai ketersediaan vaksin yang diterima,” tutupnya

 

(Antang)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments