P. Raya

Ruselita : Warga Waspadai Penyakit Musim Pancaroba

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kota Palangka Raya Ruselita meminta masyarakat mewaspadai munculnya penyakit pada peralihan musim, banyak muncul penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti. 

Untuk mencegah munculnya nyamun pembawa penyakit DBD itu kata Ruselita perlu menerapkan hidup bersih dan sehat. Seperti menerapkan pola 3 M dan abatisasi, yakni Menguras, Mengubur dan Menutup serta melakukan penambahan abate pada wadah yang menampung air. Kemudian menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) baik bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Hal itu diyakini akan lebih efektif dibanding cara pemberantasan nyamuk lainnya seperti pengasapan. 

“Yang paling penting jangan ada genangan ataupun media yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk di sekitar lingkungan tempat tinggal,” katanya, Kamis 18 Agustus 2022. 

Ia mengajak masyarakat menggalakkan gotong royong membersihkan lingkungan. Termasuk di rumah masing-masing pembersihan bak mandi, dan tempat penampungan air lainnya, karena tempat tersebut rawan di tempati nyamuk penyebab penyakit. 

“Fogging sendiri hanya efektif untuk memberantas nyamuk dewasa, tidak dengan jentiknya. Mereka akan tetap tumbuh dan menjadi nyamuk dewasa lagi. selain itu, dampak negatif penggunaan fogging yang mengandung bahan kimia juga dikhawatirkan berbahaya bagi kesehatan. Saat ini yang terpenting adalah memutus rantai perkembangbiakan nyamuk dengan 3M dan PHBS, agar kita terhindar dari kerugian karena DBD ini,” tambahnya.


(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments