P. Raya

Sempat Tertunda sehari, Gubernur Kalteng Resmi Melantik Penjabat Bupati Barsel dan Kobar 

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah resmi melantik dua Penjabat Bupati Kotawaringin Barat dan Bupati Barito Selatan. Terlaksananya pelantikan ini sempat tertunda sehari lantaran adanya aksi penolakan masyarakat.

Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Gubernur Kalimantan Tengah Haji Sugianto Sabran sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, resmi melantik Penjabat Bupati Barito Selatan (Barsel), Deddy Winarwan, dan Penjabat Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Budi Santosa, di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Pada Rabu pagi (24 Mei 2023).

Pelantikan dua Penjabat Bupati ini akhirnya dapat dilaksanakan setelah sempat tertunda sejak Senin (22 mei) lantaran adanya aksi penolakan di tengah masyarakat terhadap keputusan Kemendagri terkait penetapan dua penjabat tersebut.

Gubernur Haji Sugianto Sabran mengatakan, dirinya meminta agar pelantikan tersebut ditunda sementara waktu, lantaran ingin memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Hingga pada akhirnya pertemuan tersebut dapat dilaksanakan bersama.

Lebih lanjut Sugianto, menjelaskan berdasarkan diskusi bersama, ke depan pihaknya tidak akan mengusulkan nama-nama calon untuk mengisi jabatan Pj. bupati bagi daerah lain di Kalimantan Tengah yang akan habis masa jabatan sebelum Pemilu 2024 mendatang.

Kedepannya, Gubernur Kalteng maupun wagub hanya ingin berfokus dalam menyelesaikan program dan kegiatan pembangunan di Kalimantan Tengah pada akhir masa jabatannya. Selain itu dengan penunjukkan Pj. bupati dari pejabat pusat diharapkan presiden mengetahui tentang keadaan Kalteng secara lebih baik lagi.

Dirinya berharap kepada masyarakat di Kalteng menerima kedatangan pejabat dari pusat ke daerah. Terhadap aspriasi masyarakat, pihak tetap terbuka sebab masyarakat memiliki hak untuk menyampaikan suara dan dirinya mempersilakan bagi masyarakat jika ingin menyampaikan aspirasi bahkan kepada presiden pun.

(Surya Adi Winata)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments