P. Raya

Seni Kerajinan Tas Rotan dan Kerajinan Lilias Lamiang Banyak Diminati

PALANGKA RAYA - Acara Perayaan Hari Jadi HUT Dekrasnada yang Ke 4 Central Borneo Souvenir dan Penyerahan Hadiah Event Bulan Juli 2023 diselenggarakan di Halaman Gedung Dekranasda, Jl. Imam Bonjol, Palangka Raya, Provinsi Kalteng, Sabtu Malam (29/7/2023).

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Aster Bonawaty saat di temui dalam acara mengatakan "Rangkaian acara kegiatan ini sudah dua minggu yang lalu dan tidak setiap hari diadakan, hanya jumat sabtu , selama satu bulan. Adapun hari jadi dekrasnada itu tanggal 15 juli 2019.

"Sudah 4 tahun dekrasnada mengadakan kegiatan dengan bermacam-macam event dan perlombaan, seperti lomba pidato Bahasa inggris, stroy steling, Fasihon Show dan lomba menyanyi.  Puncaknya hari ini. Mudah mudahan dengan adanya HUT Dekrasnada yang ke 4 ini, bisa mengembangkan talenta anak anak melalui perlombaan dan event ini,” ucap Aster.

Perkembangan dekrasnada sendiri dari awal sekitar tahun 1990-an tidak berkembang. Namun sejak dipegang Ivo Sugianto Sabran pengelola dekrasnada kembali mulai aktif di tahun 2019, dengan gedung dekrasnada yang baru ini masih sepi, barangnya juga masih terbatas dan suplainya dari sekitar palangka raya saja.  

Sekarang dekrasnada mulai berkembang dan suplai barangnya pun sudah sampai Puruk Cahu, Sampit dan Kapuas. Produk produknya sekarang mulai berkembang dan bermacam macam kerajinan khas dayak provinsi kalteng.  

Selama 4 tahun ini berjalan membuat ekomers toko Kalteng berkah yang khusus memasarkan produk IKM yang dibina oleh dekrasnada. Cara pemasaranya on line juga ada jadi dekrasnada mulai terkenal sekarang. Salah satu contohnya dari Asosiasi Istri Istri Hakim Agung yang datang mengunjungi dekrasnada.

"Kita berharap dekrasnada tambah berkembang menjadi sebuah pusat kerajinan, oleh- oleh dan souvenir khas Kalteng, kita pertahankan seni dan kerajinannya asli khas Dayak seperti tas dari kerajinan rotan dan gelang lilias lamiang yang banyak diminati pengunjung,” Tutupnya.

 

(Era Suhertini)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments