Kapuas

Seratusan Warga Pulau Petak Kapuas Diduga Keracunan

KAPUAS - Seratusan Warga Handel Rigei RT 10 Desa Saka Lagon, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diduga mengalami keracunan makanan, pada Sabtu 11 Februari 2023.

Kejadian dugaan keracunaan makanan ini berawal saat warga menghadiri acara di salah satu rumah warga desa setempat pada Kamis 9 Februari 2023 sekitar pukul 13.00 waktu indonesia barat.  

Dalam acara itu warga pun menyatap hidangan yang disajikan. Kemudian pada malam harinya mereka merasakan mual, muntah-muntah, sakit perut hingga buang air besar kemudian satu persatu warga dilarikan ke faslitas kesehatan setempat, posko darurat dan rumah sakit kapuas untuk mendapatkan perawatan medis. 

Kapolres Kapuas Melalui Kasatreskrim Inspektur Satu Iyudi Hartanto membenarkan kejadian keracunan massal tersebut. Menurut iyudi hartanto sejak sabtu kemarin pihaknya dari Unit Inafis Satreskrim Polres Kapuas bersama Polsek Pulau Petak telah melakukan olah TKP di lokasi laporan serta mengambil sampel sisa makanan dan melakukan pemeriksaan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kapuas. Sampel sisa makanan yang dikonsumsi warga tersebut selanjutnya dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit atau BBTKL- PPBanjarbaru, Kalimantan Selatan.

Adapun jumlah korban keracunan berjumlah sekitar 105 orang. Polres Kapuas bersama Dinas Kesehatan pun telah mendirikan posko di lokasi untuk mengantisipasi adanya gejala keracunan atau pun laporan dari masyarakat. 

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments