Kapuas

Serunya Lomba Lawang Sakepeng Di Festival Seni Budaya Kapuas

KAPUAS - Lawang sakepeng yang merupakan aktrasi seni bela diri tradisional kalimantan tengah, kembali dilombakan dalam Festival Seni Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2021.

Lomba Lawang Sakepeng Dalam Festival Seni Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2021 dilaksanakan di Stadion Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas, pada senin 20 september 2021 kemarin. Lomba ini diikuti sebanyak 13 peserta dari beberapa Kecamatan di Kapuas.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Atau Disbudpora Kabupaten Kapuas, Haji Suparman mengatakan, lomba lawang sakepeng merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Tahun 2021.

Menurut Haji Suparman, lomba lawang sakepeng ini biasanya setiap tahun dilaksanakan dalam Festival Seni Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung. Namun karena kondisi pandemi covid-19, sehingga baru tahun ini lomba lawang sakepeng bisa dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Haji Suparman menjelaskan, lawang sakepeng adalah merupakan salah satu Kesenian Budaya Suku Dayak Ngaju yang biasanya sering digunakan untuk menyambut tamu dan upacara adat pernikahan.

Sementara itu, dalam lomba lawang sakepeng ini peserta diwajibkan menggunakan pakaian khas masing-masing. Lomba diiringi alat musik berupa gendang dan gong yang disediakan oleh panitia penyelenggara.

Durasi penampilan masing-masing peserta adalah sekitar lima sampai tujuh menit. Lomba lawang sakepeng yang berlangsung di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas ini pun Disaksikan Sejumlah Warga Kapuas.

 

(Irfansyah)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments