P. Raya

Si Jagau Merah Kembali Berulah, Di Palangka Raya

PALANGKA RAYA - Kebakaran lahan gambut 2 hektar terjadi di kawasan Petuk Kantimpun, Palangka Raya, Kalimantan tengah, pada hari Senin 7 Agustus 2023 lalu.

“Kebakaran tersebut terjadi kira-kira sekitar jam 13.46 WIB, pada saat itu saya kebetulan lagi cari rumput untuk ternak saya” kata Andika salah seorang warga sekitar  pada kamis 10 agustus 2023. 

Diperkirakan kebakaran terjadi dipicu oleh kondisi cuaca panas yang ekstrim di Palangka Raya akhir-akhir ini. Tim pemadam kebakaran meluncurkan helikopter water bombing untuk membantu memadamkan api.

Namun karena kondisi cuaca yang terik dan berangin menyebabkan api semakin besar dan meluas, sehingga tim pemadam kebakaran di lokasi kesusahan untuk memadamkannya.

Berdasarkan prediksi cuaca BMKG, cuaca panas akan terus berlangsung hingga bulan September mendatang. Prakirawan BMKG Lian Adriani mengatakan, kota Palangka raya akan mengalami cuaca cerah berawan dan berpotensi terjadi cuaca panas dengan suhu dari 32 derajat Celcius hingga 34 derajat Celcius.

Puncak kemarau yang diprediksi terjadi di bulan Juli, mundur, dan akan terjadi pada bulan Agustus hingga September. Oleh sebab itu masyarakat dihimbau untuk berhati-hati karena kebakaran lahan cukup meningkat di bulan Agustus.

(Tasya)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments