P. Raya

Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 Di Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Satuan Direktorat Samapta Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah mengamankan dan menertibkan puluhan pendemo di depan kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah, di jalan Jendral Sudirman, Kota Palangka Raya, Rabu, 1 Februari 2023. Situasi pun memanas antar personel dengan pengunjuk rasa yang bersitegang ingin menerobos barikade kepolisian.

Beginilah suasana di depan Kantor KPU Kalteng, nampak tentram dan damai, hingga  kedatangan ketua KPU Kalteng menggunakan mobil berwarna hitam berplat merah yang dikendarainya, dikawal mobil Ditsamapta Polda Kalteng untuk peng-amanan. 

Tidak berselang lama kemudian, sejumlah pengunjuk rasa berbondong-bondong mendatangi kantor KPU Kalteng dan ingin masuk melalui gerbang utama lantaran tidak puas dengan hasil pemilu, namun hal tersebut dihadang oleh personil Ditsamapta Polda Kalteng . 

Kerusuhan pun terjadi. Saling dorong mendorong personil dengan pengunjuk rasa yang tak terhindarkan. Para pendemo pun  dibuat mundur oleh Satuan Canine (K-9), bahkan salah satu personel dari Polwan melakukan perlawanan terhadap salah satu pengunjuk rasa yang anarkis hingga melakukan aksi bela diri.

Massa unjuk rasa yang tidak terima dan anarkis pun melakukan penyerangan balik terhadap barikade kepolisian dan situasi di lapangan pun pecah, hingga pada akhirnya massa dibuat mundur lagi, usai menerima perlawanan balik oleh petugas kepolisian.

Namun jangan khawatir, adegan ini merupakan bagian dari simulasi latihan bertujuan untuk peningkatan kemampuan personil Ditsamapta Polda Kalteng usai menjalankan 12 hari masa pelatihan yang melibatkan 300 personel dari Dalmas dan Raimas agar terbiasa menghadapi massa unjuk rasa. Kegiatan ini dalam rangka pengamanan tahapan pemilu dan mengawal pesta demokrasi pada 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung Direktur Samapta Polda Kalteng, Komisaris besar Polisi Cahyo Widiarso usai kegiatan simulasi yang didampingi Kabid Humas Polda Kalteng. 

Disamping itu, anggota komisi pemilihan umum Kalimantan tengah, bidang divisi data dan informasi, Wawan Wiraatmaja mengatakan pihaknya menyambut baik dengan terlaksanakannya kegiatan simulasi ini. Persiapan dan antisipasi jauh-jauh hari dilakukan oleh Polda Kalteng agar tahapan yang digelar di lingkup KPU dapat berjalan dengan aman.

Berakhirnya peragaan simulasi latihan yang juga melibatkan satuan penjinak bom dari gegana Brimob dan satuan Canine (K-9), dilanjutkan dengan upacara penutupan pembinaan dan tradisi serta pemasangan baret brigadir polisi angkatan 48 dan 52 yang dipimpin langsung Kapolda Kalteng Irjen pol Nanang Avianto dan disaksikan oleh sejumlah pejabat umum Polda Kalteng,wakil ketua 1 DPRD Kalteng, Pemprov Kalteng, KPU Kalteng dan tamu undangan lainnya. 

(Surya Adi Winata)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments