P. Raya

Siswandi : Tingkatkan PAD Melalui Pemanfaatan Potensi Unggulan

PALANGKA RAYA - Menurut Anggota DPRD Kalteng, Siswandi, penting bagi pemerintah untuk melakukan identifikasi potensi unggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Kalteng. Pasalnya, tiap daerah memiliki beragam aset dan sumber daya yang dapat menjadi basis pengembangan ekonomi lokal. Oleh karena itu ia mendorong pemda agar dapat terus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pemanfaatan potensi unggulan secara berkesinambungan.

"Pemda harus aktif dalam melakukan eksplorasi dan pendekatan yang tepat untuk menggali potensi unggulan di daerah masing-masing. Hal ini akan menjadi modal penting dalam mencapai kemandirian keuangan daerah dan mengurangi ketergantungan terhadap transfer dana dari pemerintah pusat," ucapnya, kamis, 10 Agustus  2023.

Ia menilai, salah satu langkah yang dapat diambil pemerintah yaitu dengan mengidentifikasi sektor-sektor yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif di daerah tersebut. Sektor-sektor ini dapat mencakup pertanian, perikanan, industri kreatif, pariwisata, atau sektor lain yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Selain itu, pemberdayaan masyarakat lokal juga menjadi sorotan dalam pengembangan potensi unggulan. Dalam menghadapi era otonomi daerah yang semakin luas, partisipasi aktif masyarakat menjadi faktor penting untuk mencapai kesuksesan program-program pembangunan daerah.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments