P. Raya

Sugianto Sabran : Harus Rehabilitasi Hutan Di Sekitar Sungai 

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran getol meminta rehabilitasi ‘sabuk hijau’ untuk perlindungan sungai.

“Saya minta Kepala Dinas Kehutanan Kalteng melakukan rehabilitasi hutan di kiri kanan sungai, 1 km sampai 2 km itu kan ada orang-orang bekerja ini perlu penghijauan,” tutur Sugianto usai menyambangi korban banjir di Pelabuhan Rambang.

Ia melihat jika dibiarkan nantinya eksistensi sungai akan hilang karena illegal mining, termasuk juga sungai sungai kecil yang bisa termakan perusahaan sawit ataupun HTI.

“Teman-teman kalau melihat dari atas, sungai sungai kecil akan hilang apakah hilang dari HTI yang legal itu, apakah dari perkebunan sawit, tapi ilegal mining itu sama,” tuturnya.

Sugianto mengajak masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, termasuk mengurangi kegiatan penambangan liar dengan kegiatan yang positif untuk lingkungan.

“Kita harus kerja keras untuk menghidupi diri kita dan keluarga kita. Supaya bisa makan, anak kita bisa sekolah, ketika sakit bisa ke rumah sakit. Tapi saya ingatkan ada yang namanya lingkungan,” ungkapnya.

Dia mengajak masyarakat yang terpaksa harus menambang untuk menggunakan hasilnya untuk investasi kedepan yang lebih baik dan berkah.

“Hasil-hasil tambang ya digunakan untuk hal-hal yang berkah. Ketahanan ekonomi untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Salah satunya dengan membeli tanah,” tuturnya. 

 

(Deddi)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments