P. Raya

Talkshow Menggali Potensi Dan Tantangan Financial Technologi Diera Digital Dan Waspada Investasi Ilegal.

PALANGKA RAYA - OJK Hadiri Talkshow Tentang Potensi Dan Tantangan Fintech Di Era Di Gital Dan Waspada Investasi Ilegal Kepada Mahasiswa Universitas Palangka Raya. Kantor OJK Provinsi Kalteng menghadiri kegiatan penutupan Dies Natalis ke-13 Jurusan Manajemen Universitas Palangka Raya dan menjadi narasumber talkshow bertema “Menggali Potensi dan Tantangan Financial Technology di Era Digital dan Waspada Investasi Ilegal” yang diselenggarakan secara tatap muka di Gedung Pasca Sarjana Universitas Palangka Raya. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 50 (lima puluh) perwakilan mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Palangka Raya serta dihadiri juga oleh Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Asisten Analisis Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Kasubdit II/Fismondev Ditreskrimsus Polda Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua Jurusan Manajemen Universitas Palangka Raya dan Dosen Pembina HMJ-Manajemen Universitas Palangka Raya.

Dosen Pembina Himpunan Mahasiswa (HMJ) Manajemen Universitas Palangka Raya, Sanjayanto Nugroho, SA.M.M menyampaikan pentingnya financial technology (fintech) untuk meningkatkan inklusi Keuangan serta mendorong akses yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat terhadap layanan keuangan. Dengan tema talkshow ini, pengetahuan yang didapat diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang teknologi digital, serta cara menghindari investasi ilegal. 

Dalam sambutannya Kepala OJK Provinsi Kalteng, Primandanu Febriyan Aziz menyampaikan bahwa indeks literasi dan inklusi keuangan menunjukkan peningkatan positif setiap tahunnya, meskipun berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK), Provinsi Kalimantan Tengah masih memiliki tingkat literasi dan inklusi keuangan di bawah rata-rata nasional, yaitu sebesar 32% dan 81%. 

Disampaikan juga pada kesempatan tersebut, bahwa literasi digital masyarakat Indonesia saat ini pada tingkat “Sedang” dengan skor 3,54 dari skala 1-5. Belum optimalnya literasi digital tersebut berdampak pada banyaknya masyarakat yang terjebak penawaran investasi ilegal. Oleh karena itu, OJK saat ini hadir bersama Satgas PASTI (Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal) yang memiliki tugas melakukan pencegahan dan penanganan terhadap entitas illegal. 

“Saya berharap pemahaman literasi keuangan digital dapat ditingkatkan karena hal tersebut sangat penting untuk menjadi fondasi utama dalam mencegah kejahatan digital. Selain itu, dalam rangka melindungi konsumen juga dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholders dan lembaga jasa keuangan untuk selalu mengingatkan kepada masyarakat terkait 2L, yaitu memastikan bahwa penawaran produk keuangan yang kita terima Legal dan Logis.” terang Primandanu Febriyan Aziz. 

Selanjutnya, Ketua Jurusan Manajemen Universitas Palangka Raya, Dr. Meitiana, M.M menjelaskan bahwa kegiatan penutupan Dies Natalis Ke-13 Jurusan Manajemen ini juga sekaligus memperingati pendirian Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada tahun 1964.  Jurusan Manajemen telah mengukir banyak prestasi, termasuk di tingkat internasional.

“Saya berharap setiap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa memiliki potensi untuk berkontribusi pada pencapaian akreditasi yang unggul, sesuai dengan tema talkshow terkait perkembangan fintech di era digital ini mahasiswa dapat lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakan fintech P2P Lending,"Jelas Meitiana.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi talkshow “Potensi Dan Tantangan Fintech Di Era Digital Dan Waspada Investasi Ilegel” oleh tiga narasumber, yaitu OJK Provinsi Kalteng, Bank Indonesia Kalteng, dan Polda Kalteng.

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments