P. Raya

Taman Budaya Kalteng Merupakn Unit Kreativitas Pekerja Seni Budaya dan Event

PALANGKA RAYA - Taman Budaya Kalteng merupakan Unit Pelaksana Teknis di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng yang berperan sebagai wadah dan sarana kreativitas sebagai upaya pelestarian kesenian dan budaya dan pemajuan kebudayaan bagi masyarakat di Kalteng, khususnya Palangka Raya. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Taman Budaya Kalteng ialah gedung pameran dan gedung panggung terbuka yang kerap menjadi wadah kegiatan bagi para pekerja seni kreatif, sanggar seni budaya, komunitas, dan paguyuban. Kegiatan yang diselenggarakan yaitu antara lain pagelaran budaya, lomba, pertunjukan seni, pameran karya seni rupa, dan seterusnya.

Di awal 2022 ini, ada dua kegiatan yang telah terselenggara dengan menggunakan Taman Budaya Kalteng sebagai wadah acara.

1. Lomba Melukis, Menggambar, dan Mewarnai

Lomba Melukis, Menggambar, dan Mewarnai yang diadakan oleh Sanggar Lukis WARNA merupakan kegiatan kedua di awal 2022 ini di Taman Budaya Kalteng. Kegiatan diselenggarakan pada Minggu, 20 Februari 2022 dengan Tema yang diangkat yaitu “Berkarya Bersama Berkreasi Suka-Suka”. Kegiatan Lomba ini mengantongi jumlah peserta sampai 70 orang dengan 4 kategori yaitu Mewarnai tingkat TK, Mewarnai tingkat SD kelas 1-3, Menggambar tingkat SD kelas 4-6, dan Melukis payung tingkat umum.

2.  Pemilihan Top Model Kalteng 

Pemilihan Top Model Kalteng diadakan oleh Yenni Management Model dan Acting pada 19 – 20 Februari 2022. Kegiatan tersebut merupakan ajang asah bakat kreativitas dan kepercayaan diri para muda mudi dan anak-anak berbakat dalam dunia modelling di Kalteng. Kegiatan ini melombakan pemilihan Top Model dengan kategori Busana Pesta, Busana Batik Kalteng dan Busana Casual dengan kategori: A. usia 3 – 6 tahun; B. usia 7 - 12 tahun; C. usia 13 - 17 tahun serta Kategori Umum yang diikuti oleh para orangtua peserta. Acara ini juga menampilkan para model berprestasi di dunia modeling, acting dan menari yang mana para model tersebut telah banyak menjuarai lomba-lomba baik tingkat Kota/Kabupaten dan Provinsi serta Tingkat Nasional. Selain lomba modelling, ada juga Lomba Mewarnai Gambar yang terdiri dari kategori: A. usia 4-6 tahun dan B. usia 7-12 tahun.

Taman Budaya Kalteng di bawah pimpinan Suraji memiliki standarisasi Taman Budaya Tipe A dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan Nomor: 1709/F6/KB.00/2021. Standarisasi ini merupakan standar kualitas yang dimiliki oleh Taman Budaya Kalteng sebagai wadah resmi Pemprov. Kalteng di bawah Dinas Kebudayaan yang menyediakan sarana gedung pameran, panggung terbuka, dan fasilitas penunjang yang berkualitas dan diakui oleh negara.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments