P. Raya

Tinjau Pembangunan Gedung Inovasi Gambut Terpadu UPR Gubernur Bantu Pengaspalan Jalan, Bibit Ikan dan Penghijauan

PALANGKA RAYA -  Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran terus mendukung peningkatan mutu pendidikan Kalteng. Ia pun melakukan kunjungan ke kampus Universitas Palangka Raya (UPR), Jumat (25/9) petang lalu. Kedatangan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini, untuk melihat pembangunan Gedung Inivasi Gambut tujuh lantai di kampur UPR. 
Bersama Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Agustiar, dan Rektor UPR Elia Embang, Gubernur Sugianto Sabran melihat pembangunan dari dana Kemenrisdikti itu untuk menunjang penelitian gambut dunia, yang ada di wilayah Kalteng, terutama di kampus UPR.
“Pembangunan gedung setinggi tujuh lantai itu merupakan bentuk komitmen kami dalam upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pembangunan di Kalteng, khususnya sarana prasarana dalam meningkatkan mutu di bidang pendidikan di Bumi Tambun Bungai,” kata Sugianto.
Pembangunan Gedung Pusat Iptek dan Inovasi Gambut tersebut bersumber dari skema SBSN (Surat Berharga Syariah Negara). Kemudian, total anggaran yang dibutuhkan dalam membangun gedung inovasi inimencapai Rp83,5 miliar. Dengan adanya gedung ini nanti akan mendukung UPR sebagai Center of Excellence (Pusat Keunggulan) IPTEK dan inovasi gambut dunia.
Semoga dengan adanya Gedung Inovasi Gambut UPR ini bisa menjadi pendorong mutu pendidikan, dalam hal ini tingkat universitas. Gedung ini juga dibangun guna menunjang sekaligus sebagai tindak lanjut arahan dari Kemenristekdikti RI, agar UPR dapat menjadi pusat kajian gambut dunia, ujarnya.
Sugianto berharap dengan adanya Gendung Inovasi Gambut ini, para mahasiswa dapat mempelajari secara lebih dalam mengenai lahan gambut. Dengan begitu, para generasi penerus itu dapat menemukan dan menggali potensi terbaik dari gambut di wilayah Kalteng, dengan lebih optimal.
Ia pun menyampaikan apresiasi kepada Rektor UPR beserta seluruh jajaran dosen, atas pengabdian dan dedikasinya dalam mendidik para mahasiswa, para generasi muda Kalteng, hingga menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing tinggi, dan dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia.
Dalam kesempatan itu juga, Sugianto Sabran juga mendengarkan berbagai masukan, diantaranya permintaan pihak UPR untuk memperlancar akses jalan hingga perbaikan di kampus kebanggaan Kalteng tersebut.
Nanti jalan di bagian kampus UPR ini akan dibantu Pemprov Kalteng untuk di aspal, kemudian dibantu bibit pertanian, ikan serta penghijauan di lingkungan kampus, untuk nantinya dikelola oleh kawan-kawan mahasiswa baik dalam penelitian dan karya nyata, tandas Sugianto.

(BPKP/JJ)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments