Katingan

Tiwah Masal Meringankan Keluarga

KATINGAN – Pelaksanaan Tiwah Masal yang berlangsung di Kecamatan Katingan Hulu, dapat meringankan beban keluarga terutama yang tingkat ekonomi di bawah dalam rangka memenuhi ritual adat kepercayaan umat Hindu Kaharingan yang diturunkan secara turun temurun bagi Suku Dayak.

Dikatakan Bupati Katingan Sakariyas, dengan adanya pelaksanaan Tiwah secara massal, sangat membantu bagi keluarga yang tingkat ekonomi rendah dan hal tersebut sangat baik.

“Selaku Bupati, tentu saya mengapresiasi pelaksanaan Tiwah massal, karena moment seperti ini menunjukkan adanya kebersamaan serta mempererat tali persaudaraan antar sesama suku Dayak,” Ungkap Sakariyas, Bupati Katingan, Sabtu (26/11/2022).

Terpisah Camat Katingan Hulu Aldo Valensia, menyampaikan terimakasih kepada Bupati Katingan yang telah mendukung penuh kegiatan Tiwah tersebut. Ia menyebut  kegiatan itu merupakan acara ritual adat suku Dayak, dimanah di kecamatan Katingan Hulu mayoritas masyarakat bersuku asli Dayak. 

"Kami sampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Bupati Katingan atas dukungan baik  moril dan material  untuk Tiwah massal kali ini," Katanya.

Aldo berharap, kegiatan adat budaya Tiwah, selalu diadakan dan bisa menjadi agenda rutin tahunan terutama di kecamatan Katingan  Hulu. 

"Ya harapan kami semoga menjadi agenda rutin," ucapnya.

Hal serupa diungkapkan, Kepala Desa  Tumbang Kuai,  Sabri, kepada Pemerintah Kabupaten Katingan yang telah mendukung penuh kegiatan adat ritual Tiwah di desanya. 

“Tentunya kami sangat berterimakasih atas dukungan yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Katingan dalam hal ini Pak Bupati yang membantu anggaran, sehingga giat ini terlaksana dengan baik,” Tandasnya.

 (Novryanto)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments