Kalteng

TK Al-Ikhlas Gelar Wisuda

PURUK CAHU - Jubah wisuda lengkap dengan toga terpasang rapi di tubuh Alfi pratama. Dengan senyumnya yang lebar, Alfi  berbaris bersama puluhan anak lainnya untuk memasuki area wisuda salah satu TK di kawasan kota Puruk Cahu yaitu sekolah TK Al-Ikhlas .

Mariatul dan suaminya sibuk menyiapkan kamera serta buket untuk sesi foto. Mereka berusaha mengabadikan momen saat Alfi masuk ke ruangan untuk menjalani prosesi wisuda TK.

Hampir setiap tahun, TK tempat Alfi mengenyam pendidikan formal pertamanya ini di Al, ikhlas kota Puruk cahu. 

Awalnya, kegiatan ini hanya acara perpisahan dan kelulusan biasa. Tapi entah bagaimana ceritanya hingga acara perpisahan dan kelulusan itu berubah jadi wisuda anak TK lengkap dengan jubah dan toga layaknya lulusan perguruan tinggi.

“Memang ada (wisuda) setiap tahun. Ini juga sudah dikasih tahu dari awal Alfi masuk TK bahwa ada acara wisuda, ya. Jadi kita juga sudah enggak kaget," kata Mariatul Fitriani selaku ibu dari Alfi pratama saat berbincang dengan wartawan Huma Betang.com, Rabu (6/6/2024).

Acara wisuda ini juga jadi ajang pentas seni anak-anak. Mereka diharuskan menampilkan berbagai kesenian, mulai dari menyanyi, bermain alat musik, paduan suara, sampai menari.

Namun demikian, Alfi merasa uang yang dikeluarkan  sebanding saja dengan apa yang dihadirkan saat acara digelar. Anak-anak juga tampak senang meski mereka sebenarnya tak memahami apa itu wisuda.

Dalam prosesi wisuda itu, para peserta mengenakan jubah dan toga yang biasanya telah disediakan pihak sekolah. Persis seperti para diploma dan sarjana yang mendapatkan gelarnya.

Kegiatan berjalan dengan hikmat anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan yang disediakan oleh para guru serta dihadiri orang tua murid sekolah TK.

(Helmi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments