P. Raya

Total Ekspor Kalteng Capai USD $439,03 Juta

FOTO: PEMPROV/ PLT GUBERNUR KALTENG HABIB ISMAIL BIN YAHYA

 

PALANGKA RAYA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya mengungkapkan, bahwa total ekspor Kalteng pada Triwulan II 2020 mencapai USD $439,03 Juta. Dengan komoditas utama batubara yang mendominasi ekspor Kalteng sebesar 58,24 persen dan negara tujuan utama ekspor batubara, yaitu negara Jepang.

 

“Sedangkan komoditas lainnya yang menyumbang ekspor terbesar kedua adalah CPO (crusade palm oil) dengan porsi 14,24 persen, dengan negara mitra ekspor utama, negara Cina. Namun untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, hilirisasi produk turunan dari komoditas ekspor tersebut sangat diharapkan,” ungkapnya saat meresmikan secara virtual Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) Pembangunan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalteng di Ruang Rapat Kantor Gubernur lantai 1, Jalan RTA Milono No 1, Rabu (4/11/2020).

 

Ia menyebut, Provinsi Kalteng memiliki potensi sumber daya alam dan hayati yang melimpah dengan empat sektor utama yaitu sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 21,99 persen, sektor industri pengolahan sebesar 15,63 persen, sektor perdagangan sebesar 13,70 persen dan sektor pertambangan sebesar 9,15 persen.

 

“Sehingga dukungan dan sinergi dari Bank Indonesia Perwakilan Kalteng dengan Pemerintah Provinsi Kalteng selalu diharapkan. Selain tanggung jawab pemerintah dalam melakukan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan merata, konektivitas, dan efisiensi rantai distribusi dapat membaik, harapan selanjutnya dapat mendorong pertumbuhan perekonomian di Kalteng,” tandas Habib Ismail.

 

(EDY/JJ

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments