Kalteng

Upaya Penangkapan Hewan Lutung Oleh Tim BKSDA Kobar

PANGKALAN BUN - Setelah mendapat Laporan dari warga yang melihat hewan primata berjenis lutung disalah satu pohon peneduh di jalan sultan sahrir kelurahan sidorejo P.Bun Kabupaten Kotawaringin Barat tepatnya di depan kantor PWI Kobar pada kamis 2 juni 2022 sempat menjadi tontonan warga sekitar dan warga yang melintas.

Tim BKSDA SKW 2 P. Bun bersama relawan dari ofi berusaha untuk melakukan penangkapan dengan cara menembak hewan tersebut  menggunakan senjata bius. Rimbunnya daun menyulitkan penembak untuk bisa membidik sasaran yang posisinya ada dibagian pucuk pohon ditambah lagi banyaknya warga berkerumun membuat hewan ini semakin takut.

Menurut Imam Mukharom polisi kehutanan BKSDA Kalteng hewan primata berjenis lutung yang sudah berani masuk keperkotaan untuk mencari makan bukan peliharaan orang tetapi merupakan hewan liar yang tersesat dari kelompoknya saat mencari makan di perkebunan milik warga.

Meski semua peralatan sudah dipersiapkan namun upaya untuk melakukan evakuasi mengalami kegagalan, pasalnya hewan yang sudah terbiasa hidup di alam bebas dengan cepat kembali masuk ke perkebunan milik warga.

(Rudi Bintoro)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments