P. Raya

Pemerintah Dorong Sektor Perkebunan Kalteng

PALANGKA RAYA - Asisten Administrasi Umum Sekertaris daerah Provinsi Kalimantan Tengah Sri Suwanto menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi neraca penatagunaan tanah sektoral perkebunan Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Aquarius Palangka Raya, pada Senin 30 Mei 2022.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan Badan Pertanahan Nasional dalam awal neraca penatagunaan tanah sektor perkebunan Provinsi Kalteng 2022, di hadiri dan di buka langsung oleh Asisten Administrasi Umum Sekertaris daerah Provinsi Kalimantan Tengah Sri Suwanto.

Adapun dalam sambutannya Sri Suwanto menjelaskan, rakor ini dimaksudkan agar semua pihak baik dari jajaran Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten atau Kota, serta stakeholder dapat bersatu padu dan ikut berperan aktif dalam Pengelolaan Perkebunan, untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah.

Berdasarkan data dari Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah,  Kalteng  merupakan salah satu penghasil sawit terbesar di Indonesia. Sehingga  instruksi Presiden dan Peraturan Gubernur tersebut, ditujukan untuk meningkatkan kapasitas, dan kapabilitas pekebun, penyelesaian status dan legalisasi lahan, serta mencapai perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di Indonesia.

Selain itu Sri Suswanto juga berharap, selain Perusahaan Besar Swasta, koperasi yang dikelola oleh masyarakat dapat turut serta berkontribusi, terhadap pemanfaatan sumberdaya alam yang salah satunya melalui Sektor pertanian, karena sektor pertanian dapat menjadi basis dalam mengembangkan kegiatan ekonomi perdesaan, melalui pengembangan usaha berbasis pertanian seperti agribisnis, agroindustri, dan agrowisata.

(Fardoari Reketno)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments