Kalteng

Warga Harapkan Bantuan Pertanian

FOTO: GIYA/HUMA BETANG
Anggota DPRD Seruyan Salidin

KUALA PEMBUANG - Anggota DPRD Seruyan Salidin, menyampaikan hasil reses yang baru dilakukannya di wilayah daerah pemilihan (Dapil) III, di sana banyak masyarakat mengeluhkan minimnya bantuan di bidang pertanian kepada petani. Seperti bantuan pupuk, alat mesin pertanian (Alsintan) dan bibit-bitan, banyak petani berharap agar pemerintah daerah bisa memberikan bantuan kepada mereka karena itu sangat dibutuhkan sekali untuk saat ini.

“Saat bertemu dengan masyarakat kami melakukan dialog langsung, banyak yang mengeluhkan bantuan tersebut di wilayah dapil III meliputi Batu Ampar, Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun,” ujarnya.

Menurutnya, banyak sekali masyarakat di sana tidak berladang karena keterbatasan modal untuk membuka lahan.

“Hal itu mereka sampaikan saat bertemu dengan anggota dewan, karena selama ini mereka merasa perhatian pemerintah daerah maupun provinsi masih tersa sangat minim,” ucapnya.

Ia menyebut, petani sangat membutuhkan alsintan untuk membuka lahan pertanianya. Jika di lakukan dengan manual sangat membutuhkan waktu dan biaya cukup berat untuk mereka.

“Seperti mereka sampaikan saat reses yang lalu, alsintan sangat dibutuhkan sekali melihat kondisi lahan yang saat ini cukup berat jika dilakukan dengan tenaga manual, banyak sekali kayu dan akar-akar yang cukup besar sehingga petani merasa sangat kesulitan untuk menggarap lahan mereka, makanya masarakat sangat berharap sekali bantuan mesin dari pemerintah,” ungkapnya.

Melihat semangat dari petani tersebut anggota dewan berharap agar pemerintah daerah bisa merespon dengan baik dan bisa segera memberikan bantuan kepada petani di daerah tersebut.

“Karena untuk membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan memberikan sumber usaha baru dalam meningkatkan hasil pertanian di Seruyan,” sebutnya.

Lebih lanjut politisi dari Nasdem itu juga berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa menempatkan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang handal di setiap kecamatan, guna membantu petani melakukan kegiatan pertanian memberikan inovasi-inovasi baru dalam Bertani.

“Hingga bisa menciptakan petani yang mumpuni dan petani pun bisa terbantu dalam meningkatan ekonomi keluarga,” pungkasnya.

 

(Giya/Altius Utama)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments