P. Raya

Waspada Omicron Sudah Masuk di Kalteng

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, kasus terkonfirmasi positif varian Omicron telah ditemukan di provinsi Kalteng. Hal itu di sampaikannya usai memimpin Rapat kordinasi membahas perkembangan Covid-19 untuk wilayah kalteng, di aula jayang tingang pada senin 7 februari 2022.

Seusai memimpin Rapat kordinasi membahas perkembangan Covid-19 untuk wilayah kalteng, gubernur kalimantan tengah sugianto sabran mengatakan kasus terkonfirmasi positif varian Omicron telah ditemukan di wilayah Kalteng, tepatnya di suatu perusahaan di wilayah Murung Raya, sehingga pihaknya meminta kepada semua pihak agar hal ini menjadi perhatian bersama, terlebih lagi untuk penambahan kasus aktif COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir terus terjadi. Gubernu juga meminta agar Masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menjauhi kerumunan.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul menambahkan, terkait temuan penularan varian Omicron beberapa waktu lalu Dinas Kesehatan Murung Raya mengirimkan sebanyak 15 sampel melalui Dinas Kesehatan provinsi yang diambil dari satu klaster di sebuah perusahaan dan setelah diterimah hasilnya dari 15 yang pihaknya kirim semuanya terkofirmasi positif omicron.

Berdasarkan hasil penelitian tim, penularan berasal dari luar daerah. Maka dilakukan lockdown lokal di perusahaan tersebut.

Suyuti Syamsul menuturkan secara umum untuk penanganan omicron, delta maupun varian awal tidak ada bedanya. Kuncinya isolasi dan pakai masker sehingga pada perinsipnya kembali lagi ke diri masing-masing agar jangan panik dengan adanya omicron yang terpenting yaitu tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker seperti yang dianjurkan pemerintah.

(Fardoari Reketno)

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments