Kapuas

Waspada PMK, Distan Kapuas Dirikan Posko Di Perbatasan

KAPUAS - Guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mendirikan posko lalu lintas ternak di wilayah perbatasan anjir Kecamatan Kapuas Timur. 

Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas mewaspadai penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak, terutama  sapi, meskipun di kabupaten kapuas sampai saat ini belum ditemukan adanya penyakit tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Yaya mengatakan upaya mewaspadai penyakit PMK dilakukan pihaknya salah satunya dengan mendirikan posko lalu lintas ternak di perbatasan anjir Kecamatan Kapuas Timur.

Posko yang didirikan tersebut akan melakukan pengawasan ketat terhadap hewan ternak yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Kapuas.

Sementara itu Petugas Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kapuas, Anik Ariswandani mengatakan, hewan ternak sapi yang menunjukan gejala PMK, antara lain adalah demam dan  lesi di-sekitar mulut atau lidah sapi yang mirip sariawan dan selalu mengeluarkan air liur. Kemudian di sekitar kaki juga terdapat luka sehingga menyebabkan sapi sering berbaring karena merasakan sakit di kakinya.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments