P. Raya

Wujudkan Penguatan Statistik Sektoral Daerah Tahun 2022 Sekda Pov.Kalteng diwakili  KSDM Gelar Workshoop Penyusunan Meta Data

Palangka Raya - Bertempat di Aula Kantor Bappedalitbang Prov. Kalteng, Staf Ahli  Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia ewakili Sekretaris Daerah  Prov. Kalteng membuka workshop penyusunan metadata statistik dalam rangka penguatan statistik sektoral daerah tahun 2022, Selasa (15/11/2022). 

Ia mengatakan dalam sambutannya, kegiatan statistik sektoral merupakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral lingkup provinsi baik secara elektronik maupun manual, dalam rangka memenuhi kebutuhan data untuk menunjang perencanaan daerah, serta untuk melihat sejauh mana kemajuan pembangunan daerah, khususnya yang ada  di tingkat provinsi. 

Melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik melaksanakan fungsi menyusun, mengolah, dan mengumpulkan metadata sektoral untuk keakuratan data statistik, sehingga data yang disusun dan dikumpulkan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya. 

Harapannya, Setiap Pengguna Data  harus bisa  memahami metadata dalam penyusunan dan pengumpulan data teknis yang ada pada Perangkat Daerah masing-masing dalam mewujudkan satu data yang terpercaya dan saling terhubung. 

Eko Marsoro  selaku Kepala Badan Pusat Statistik Prov. Kalteng, berharap melalui workshop ini dapat disepakati beberapa hal, diantaranya dapat memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data, dapat diwujudkannya ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah dalam pengaksesan data dan melahirkan transparansi data, serta mendukung sistem statistic yang berlaku secara Nsional. 

Sekaligus ia menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang metadata dalam pengelolaan statistik sektoral lingkup Pemprov. Kalteng serta koordinasi antara pembina data, walidata, dan produsen data dalam rangka penguatan satu data Indonesia  yang ada di Provinsi Kalteng. 

(Era)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments