Barsel

Wujudkan upaya peningkatan Pendapatan Asli Desa Pemkab Barsel lakukan  Kaji Banding Tata Kelola BUMDes

BUNTOK - Berlangsung di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangli, pada Rabu, 17/05/2023,  Pemkab Barito Selatan melalui DSPMD melaksanakan kaji banding terkait tata kelola Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes dan BUMDes bersama di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Albertus selaku Kabid Penataan dan Kerjasama Desa pada DSPMD Barsel, mengatakan kegiatan kaji banding ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya menyerap  informasi  keberhasilan BUMDes dan BUMDESMA yang ada di Kabupaten  Bangli.

Ia mengatakan, “ Diadakannya Kaji banding ini menjadi salah satu usaha  kita untuk mengembangkan serta memberdayakan potensi dan pengelolaan kekayaan desa yang ada saat ini ,"  katanya lugas.

Yang utama tentunya tujuan diadakannya  kegiatan ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan kesejahteraan masyarakat desa. Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut, diharapkan BUMDes yang ada di Barito Selatan kedepannya bisa berkembang dan maju seperti desa tempat dilaksanakannya kaji banding ini, sebagai hasil percontohan nantinya.

Agung Purnama selaku Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangli, sangat senang dan mengapresiasi kunjungan kaji banding tersebut, dan merasa bangga bisa memberikan masukan masukan .

Ia menyampaikan, " Semoga dengan adanya kunjungan kaji banding ini, kita bersama-sama saling memberikan informasi terkait dengan pengelolaan BUMDes itu sendiri ," ucapnya.

Tidak dapat dipungkiri untuk BUMDes yang ada di wilayah kabupaten Bangli ini pada umumnya bergerak dalam bidang pariwisata sebagai andalannya. Dimana dalam pembinaannya  pihaknya bersama desa melaksanakan bimbingan teknis terhadap BUMDes terkait. 

(Ary Mampas)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments