P. Raya

Yohannes Freddy Dorong Pemprov Kalteng Tingkatkan Kualifikasi Dan Kompetensi ASN

Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong Pemprov Kalteng agar dapat semakin meningkatkan kualifikasi dan kompetensi setiap aparatur sipil negara (ASN) yang masih terbatas di Kalteng.

"Peningkatan kualifikasi dan kompetensi ini penting agar ASN di Kalteng dapat adaptif dan mampu meningkatkan kapabilitas dirinya dalam menjalankan birokrasi yang transparan dan akuntabel," kata Freddy, Senin, 26 Desember 2022.

Freddy menerangkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan kualitas ASN ini yaitu dengan menjadikan Kalteng sebagai salah satu tempat pendidikan dan latihan (Diklat) representatif.

Dalam rangka mewujudkan diklat representatif, Pemprov Kalteng dapat mengambil referensi dari Provinsi Bali. Sebab melalui BPSDM provinsi itu, Bali sudah memenuhi kualifikasi sebagai tempat diklat yang representatif, misalnya untuk pelaksanaan Diklat Kepemimpinan (PIM). Artinya sebagai tempat Diklat, Bali sudah otonom atau berdiri sendiri.

Disebutkan freddy, masih terdapat sejumlah kekurangan bagi Kalteng untuk menjadi lokasi Diklat representatif. Selain ketersediaan sarana serta fasilitas penunjang yang belum memadai, kualifikasi ASN Kalteng yang terbatas untuk menjadi pemateri diklat juga menjadi salah satu hambatan.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments