P. Raya

Yohannes Freddy Ering Penyelesaian Tata Batas Wilayah Harus Menjadi Perhatian Serius

PALANGKA RAYA - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan penyelesaian persoalan tata batas wilayah khususnya Kalteng dengan provinsi tetangga harus menjadi perhatian serius pemda baik provinsi, kabupaten dan kota.

Menurutnya, apabila tidak diperhatikan dengan serius maka hal itu kedepan akan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap klaim yang bisa merugikan bagi Kalteng karena wilayah menjadi berkurang dan masyarakat diperbatasan pun akan terkena dampaknya.

"Kita contohkan saja seperti halnya Desa Dambung di Bartim yang diklaim masuk Provinsi Kalsel dan itu sudah ditetapkan oleh Kemendagri, sehingga persoalan tersebut menjadi rumit. Padahal jelas desa itu masuk wilayah Kalteng" ujarnya, Senin, 15 Mei 2023.

Atas kejadian itu, pemda baik Provinsi Kalteng maupun Bartim serta pihak terkait lainnya berusaha keras agar Desa Dambung bisa kembali masuk wilayah Bumi Tambun Bungai, dan diharapkan upaya tersebut nantinya dapat membuahkan hasil positif.

Mengingat adanya persoalan tersebut, ia mengharapkan agar bisa dijadikan pelajaran. Perhatian pemda terhadap tata batas wilayah Kalteng agar lebih serius, sehingga kedepan tidak ada lagi wilayah yang lepas dari provinsi ini. Dokumen pendukung terkait perbatasan harus dilengkapi.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments