P. Raya

Yohannes Freddy Tetap Perjuangkan Desa Dambung Kembali Ke Pangkuan Bartim

Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mengatakan bahwa pihaknya di DPRD Kalteng akan tetap membantu memperjuangkan Desa Dambung agar kembali masuk wilayah Kalteng.

Freddy menyebut, persoalan tata batas menjadi salah satu atensi pihaknya. Sebab, apabila tidak diselesaikan, itu akan memberikan dampak negatif terhadap sejumlah hal terutama pemerataan pembangunan dan terkait administrasi kependudukan.

"Desa Dambung ini kan berada di wilayah Bartim yang berbatasan dengan Kalsel. Akibat kurang optimalnya pemkab setempat dalam hal klaim wilayah waktu itu ketika ada penegasan dari pemerintah pusat, jadinya kecolongan dan lepas," ujarnya, Senin, 26 Desember 2022.

Freddy mengungkap, Desa Dambung telah diputuskan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri masuk ke dalam wilayah Kalsel berdasarkan Permendagri Nomor 40 Tahun 2018. Padahal, desa itu secara historis baik dari kultur, adat istiadat, budaya dan bahasa masuk daerah Barito Timur.

Mengenai persoalan itu, pada awal tahun 2023 mendatang pihaknya dari DPRD Kalteng akan kembali mencoba melakukan koordinasi kepada Pemkab Bartim, Pemprov Kalteng serta Kemendagri untuk berupaya mengembalikan Desa Dambung masuk wilayah Kalteng.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments