P. Raya

Yuas Elko Buka Acara Saluang Murik Dalam Festival Budaya Kalimantan Tengah

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Dan Pembangunan, Yuas Elko, membuka acara "saluang murik" yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah. Acara ini merupakan bagian dari festival budaya isen mulang sendratari edutainment yang diadakan di Temanggung Tilung, Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, pada minggu malam (21/5/2023). 

Dalam sambutannya, Yuas Elko menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan karya seniman-seniman daerah yang mengusung nilai-nilai luhur budaya bangsa berdasarkan pancasila, dengan semangat bhineka tunggal ika serta berwawasan nusantara.

Selain itu, acara ini juga merupakan bagian dari rangkaian Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2023 yang akan secara resmi dibuka pada tanggal 22 mei 2023. Festival ini diadakan oleh Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui Upt Taman Budaya Kalimantan Tengah.

Yuas elko juga menyampaikan bahwa salah satu agenda utama dari kegiatan ini adalah untuk memeriahkan perayaan ulang tahun Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-66. Dalam rangka memeriahkan kunjungan wisata yang mencapai 4 juta kunju-ngan. Adanya lomba festival budaya isen mulang merupakan suatu hal yang sangat positif. Harapannya adalah agar budaya-budaya di kalimantan tengah dapat terus dilestarikan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. 

Acara "saluang murik" dan festival budaya isen mulang sendratari edutainment diharapkan dapat menjadi ajang yang mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya kalimantan tengah.

Dengan melibatkan seniman-seniman daerah, kegiatan ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk menampilkan karya-karya budaya yang dapat menginspirasi serta mengedu-kasi masyarakat.

Diharapkan juga bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian budaya di kalimantan tengah dan memperkaya pariwisata di provinsi tersebut.

(Harry)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments