Kapuas

Acara Adat Laluhan Kembali Meriahkan Hari Jadi Kapuas Ke 217

KAPUAS - Acara adat laluhan kembali digelar di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah dalam rangka memperingati hari jadi ke 217 kota kuala kapuas dan hari ulang tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 72 tahun 2023, pada Selasa 21 Maret 2023.

Acara tradisi adat laluhan digelar di daerah aliran sungai atau das kapuas tepatnya di depan pelabuhan danau mare Kuala Kapuas. 

Ribuan warga pun tampak antusias untuk menyaksikan acara adat laluhan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi ke 217 kota kuala kapuas dan hari ulang tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke 72 tahun 2023.

Acara laluhan ini merupakan salah satu ritual suku dayak yang menggambarkan betapa gigihnya dalam mempertahankan wilayah-nya dari gangguan musuh.

Tampak sejumlah kapal hias yang ditumpangi sejumlah pejabat dan masyarakat menuju pelabuhan danu mare. Sedangkan bupati kapuas ben brahim s bahat bersama sejumlah pejabat lainnya menunggu di pelabuhan dengan batang suli siap di tangan untuk digunakan sebagai senjata tombak dalam peperangan acara laluhan.

Ketika kapal mendekati pelabuhan, terjadi saling lempar batang suli antara penumpang kapal dan rombongan pejabat yang ada di pelabuhan.  Perang batang suli ini berlangsung kurang lebih satu jam, yang kemudian diakhiri dengan merapatnya kapal ke pelabuhan danu mare Kuala Kapuas. 

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat mengatakan, acara laluhan ini merupakan budaya dari nenek moyang  yang setiap tahunnya dilaksanakan dalam rangka memperingati hari jadi kota kuala kapuas dan hari ulang tahun pemerintah kabupaten kapuas.

(Irfansyah)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments