Kalteng

Antisipasi Banjir untuk Jangka Panjang

FOTO: GIYA/HUMA BETANG

BANJIR - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo, saat menyambangi warga yang kebanjiran, belum lama ini. 

KUALA PEMBUANG - Ketua DPRD Kabupaten Seruyan Zuli Eko Prasetyo menyarankan pada pemerintah daerah melalui dinas terkait agar bisa mengantisipasi masalah banjir dalam jangka panjang.

Dikatakannya memang penangan bencana banjir sudah dilakukan oleh pemerintah daerah seperti pemberian bantuan kepada masarakat yang telah terkena musibah banjir. Namun menurutnya perlu ada antisipasi dalam jangka panjang agar masalah banjir yang terjadi bisa di atasi.

"Saya lihat memang bantuan dari pemeritah kepada masyarakat yang terdampak banjir telah diberikan, berupa bantuan langsung kepada masyarakat, tapi yang tidak kalah pentingnya juga adalah bagaimana penanganan bencana banjir dalam jangka panjang, juga perlu untuk diperhatikan," ujarnya Selasa (30/11/2021). 

Menurutnya banjir yang terjadi memang merupakan bencana alam, hingga tidak dapat diprediksi kapan terjadinya tapi antisipasi dari pemerintah daerah juga perlu dilakukan supaya saat terjadi banjir dapat segera diantisipasi penangananya.

"Ya, kita bisa melakukan mitigasi bencana, seperti melakukan reboisasi, atau mungkin relokasi bagi tempat-tempat yang sudah sangat rawan, semua itu yang penting direncanakan dulu, hingga meminimalisasi masalah yang akan ditimbulkan, dan untuk penanganan di wilayah dalam kota saya rasa sudah bisa diantisipasi yang penting itu, perencanaan yang matang," pungkas Zuli Eko Prasetyo.

(Gita/Altius)

 

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments