P. Raya

Asisten Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan dan Kesra hadiri Pelatihan Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2023

PALANGKA RAYA – Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov. Kalteng Katma F. Dirun membuka Pelatihan Perluasan Kesempatan Kerja Tahun 2023.  Saat membuka acara Katma F. Dirun mengatakan di tengah perkembangan zaman yang sangat cepat kita dituntut untuk sigap menyesuaikan diri. Pandemi COVID-19 juga telah membuat kita tersadar pentingnya kemampuan untuk menguasai teknologi dan kemampuan adaptasi untuk terus dapat mengikuti perkembangan zaman.   

“Kuantitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan tantangan utama yang sedang kita hadapi” ucapnya pada Kamis 30 Maret 2023.

Katma juga menyebut, pemerintah terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM-nya agar bisa menyesuaikan diri dengan pekerjaan-pekerjaan baru, sehingga mampu berkembang, bersaing, dan tidak tertinggal oleh negara-negara lain yang teknologi dan SDMnya lebih maju. Perkembangan teknologi akan memunculkan pekerjaan-pekerjaan baru yang memerlukan keterampilan tertentu.

Menurutnya, berbagai upaya harus dilakukan dalam meningkatkan kualitas SDM menuju era digitalisasi ini antara lain menarik investor asing, reformasi sistem pendidikan, mendorong infrastruktur digital nasional, serta penerapan literasi digital.

Kepada awak media Katma menjelaskan, angka pengangguran berarti lapangan kerja harus lebih banyak dan kesempatan kerja harus lebih luas.

Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertras) Prov. Kalteng Farid Wajdi dalam keterangannya menambahkan, bahwa Disnakertrans memang diberi amanah untuk melatih keterampilan-keterampilan yang nyata, misalnya menjahit, memasang listrik, servis sepeda motor dan lain-lain, “Sekarang ini yang kita lakukan adalah melatih soft skill yaitu kemampuan menulis, kemampuan berbicara dan kemampuan-kemampuan yang diperlukan ketika seseorang ingin menunjukkan bahwa dia mampu,” ujarnya.

(Deddi)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments