P. Raya

Bangga Produk Unggulan Kalteng Dan Wisata  Kalteng "Hayu Maja Kan Kalteng"

PALANGKA RAYA -  (GERNAS)Gerakan Nasional  Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng yang berlangsung di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, Jumat (14/7/2023). Acara yang mengusung tema “Hayu Maja Kan Kalteng” atau “Ayo Kunjungi Kalteng” ini dibuka secara resmi dengan menabuh alat musik Katambung.

Sambutan Gubernur Kalteng yang diwakili Wagub Edy Pratowo mengatakan GERNAS BBI menitik-beratkan pada dorongan pertumbuhan ekonomi nasional penguatan UMKM. Gernas BBI  yang terakselerasi ini merupakan upaya pemerintah mendukung serta menfasilitasi pengembangan ekosistem UMKM terakselerasi digital, sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan dan transaksi pembelian produk local.

“Tidak hanya itu GERNAS BBI kemudian diperluas dengan program bangga berwisata di indonesia (BBWI) guna meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata dalam negeri, “ jelas Edy.

Lanjut Wagub,  salah satu desa wisata yaitu Sekonyer dan Kab: Kotawaringin Barat meraih juara 2 anugrah desa wisata indonesia (ADWI) 2022. Daya tarik pengunjung tahun 2023 ini, desa pasir panjang di kobar berhasil masuk 75 besar (ADWI).

Kegiatan BBI dan BBWI ini juga dikolaborasi dengan kegiatan gerakan nasional pengendalian inflasi pangan ( GNPIP). Pada kegiatan Expo UMKM, dihadirkan gelaran pangan murah bekerjasama dengan BUMN dan dinas terkait sebagai upaya menjaga inflasi Kalteng kembali pada sasaran nasional 3 persen .

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, berkat kerja sama dan koordinasi yang baik, GERNAS BBI sudah menumbuhkan dan melahirkan banyak kemajuan “Bukan hanya semangat Pemerintah untuk membelanjakan 40 persen APBN/APBD, tapi masyarakat juga sudah mulai tumbuh kecintaan untuk membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri/produk UMKM, dengan begitu kita optimis ke depan ekonomi kita semakin kuat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan Indonesia memiliki produk wisata dan kuliner yang bagus dan beragam. “Namun di saat yang bersamaan kita perlu meningkatkan kualitas lapangan pekerjaan kita, karena 97 persen lapangan kerja disediakan oleh usaha mikro. Presiden juga minta agar kita segera melakukan hilirisasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membuka secara resmi kegiatan Gernas Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia, ditandai dengan menabuh katambung bersama sama.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Odo R.M Manahutu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini, Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah lingkup Prov. Kalteng, serta Pimpinan Perbankan dan Lembaga Keuangan. 

 

(Era Suhertini)

 

You can share this post!

0 Comments

Leave Comments